Cara Menyembunyikan Aplikasi di Perangkat Android agar Homescreen Tetap Bersih

Rabu 24-07-2024,13:30 WIB
Reporter : Moh Azizul Umar
Editor : Rochman Gunawan

3: Gunakan Folder yang Aman

Jika Anda memiliki perangkat Samsung, Anda dapat menggunakan fitur Folder Aman untuk menyembunyikan aplikasi. Fitur ini memungkinkan Anda membuat ruang pribadi yang aman di perangkat tempat Anda dapat menyimpan aplikasi, foto, dan file yang tidak ingin dilihat orang lain.

Untuk menggunakan Folder Aman, buka Pengaturan > Biometrik dan keamanan > Folder Aman, lalu ikuti petunjuk di layar untuk mengaturnya dan menambahkan app yang ingin Anda sembunyikan.

4: Instal Penyembunyi Aplikasi

Ada juga aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dirancang khusus untuk menyembunyikan aplikasi lain. Penyembunyi aplikasi ini biasanya mengharuskan Anda menyiapkan PIN atau kata sandi, dan setelah dikonfigurasi, penyembunyi aplikasi ini memungkinkan Anda memilih aplikasi mana yang ingin Anda sembunyikan.

Beberapa penyembunyi aplikasi populer termasuk Penyembunyi Aplikasi, Sembunyikan Aplikasi-Sembunyikan Ikon Aplikasi, dan AppLock.

BACA JUGA:6 Tanda Aplikasi Pembayaran Telah Diretas

Tips Menyembunyikan Aplikasi di Android

Setelah Anda menyembunyikan aplikasi yang Anda inginkan, ada beberapa tip tambahan yang dapat Anda ikuti untuk memastikannya tetap tersembunyi dan aman.

1. Menggunakan PIN atau Kata Sandi: Jika Anda menggunakan penyembunyi aplikasi atau folder aman, pastikan untuk menyiapkan PIN atau kata sandi yang kuat untuk mencegah akses yang tidak sah.

2. Tinjau Aplikasi Tersembunyi secara Berkala: Tinjau aplikasi yang Anda sembunyikan secara berkala untuk memastikannya masih relevan. Jika Anda tidak perlu lagi menyembunyikan aplikasi tertentu, pertimbangkan untuk menyembunyikannya agar sistem Anda tetap teratur.

3. Perhatikan Pembaruan: Saat Anda menyembunyikan aplikasi, aplikasi mungkin tidak menerima pembaruan otomatis dari Google Play Store. Pastikan untuk memeriksa pembaruan secara manual untuk memastikan bahwa aplikasi tersembunyi Anda tetap mutakhir.

Manfaat Menyembunyikan Aplikasi di Android

Menyembunyikan aplikasi di perangkat Android Anda menawarkan beberapa manfaat, termasuk:

1. Privasi yang Ditingkatkan: Dengan menyembunyikan aplikasi tertentu, Anda dapat menjaga privasi dan menjaga keamanan informasi pribadi.

2. Bersihkan Layar Beranda: Menyembunyikan aplikasi membantu merapikan layar beranda Anda, membuatnya lebih mudah untuk menemukan dan mengakses aplikasi yang paling sering Anda gunakan.

Kategori :