Terlanjur Galbay dan Diteror? Begini Cara Menghadapi DC Pinjol Supaya Aman

Rabu 24-07-2024,06:57 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Zuhlifar Arrisandy

DISWAY JATENG - Mengalami gagal bayar atau galbay dan panik diteror debt collector? Tenang saja, kini ada beberapa cara menghadapi DC pinjol supaya tidak mengalami berbagai kerugian.

Seperti yang diketahui pihak pinjol bisa mengutus DC lapangan untuk menagih utang ke rumah debitur galbay. Karena itu, supaya Anda tidak syok dengan kedatangannya maka ketahui cara menghadapi DC pinjol.

Dengan mengetahui beberapa cara menghadapi DC pinjol, Anda bisa terbebas dari berbagai hal yang merugikan. Contohnya seperti penagihan kasar, intimidasi, teror, dan kerugian lainnya.

BACA JUGA: 5 Cara Mengatasi Telat Bayar Pinjol Agar Bebas dari Bunga dan Kunjungan DC

Selain itu, Anda bisa mendapatkan perlindungan diri supaya debt collector tidak menagih seenaknya sendiri. Pasalnya di berbagai kasus seringkali ditemukan oknum DC pinjol yang melakukan penagihan kasar ke nasabah.

Padahal aturan penagihan sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk menghindari masalah tersebut Anda bisa simak beberapa cara menghadapi DC pinjol yang datang ke rumah.

Cara menghadapi DC pinjol yang meneror

1. Tenang dan Jangan Panik

Apabila Anda salah satu debitur galbay dan mendapatkan intimidasi atau teror, cara menghadapi DC pinjol pertama yakni jangan panik dan tetap tenang. Pasalnya setiap nasabah yang mengajukan pinjaman di platfrom legal sudah pasti mendapatkan perlindungan oleh OJK.

BACA JUGA: Tips Galbay Pinjol Supaya Tidak Dikejar DC Lapangan ke Rumah

OJK memiliki peran penting untuk melindungi nasabah. Perlindungan hukum bagi nasabah penyimpan telah diatur dalam berbagai peraturan perundang-undangan, termasuk Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang OJK.

2. Pahami Hak Anda Sebagai Konsumen

Sebagai debitur pinjaman online Anda sebaiknya ketahui hak mengenai proses penagihan utang. Hak-hak tersebut seperti proses penagihan harus dilakukan dengan cara sopan, tidak ada ancaman, dan tidak boleh menggunakan kekerasan.

Tak hanya itu saja, DC juga harus memberikan informasi mengenai jumlah utang debitur mulai dari bunga, denda, biaya tambahan, dan lainnya. Informasi seperti ini penting diketahui oleh debitur yang saat ini terjerat utang di pinjaman online.

BACA JUGA: Cara Mudah Mengatasi Teror dan Ancaman DC Pinjol Agar Tidak Diganggu Terus Menerus

Kategori :