4 Risiko Tidak Bisa Bayar Pinjol Ilegal yang Harus Diwaspadai

Senin 22-07-2024,14:45 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG - Pinjol alias pinjaman online memberikan kemudahan dan kecepatan dalam proses pencairan dana. Namun ada beberapa risiko tidak bisa bayar pinjol ilegal jika kalian terjerat ke dalam pinjaman online yang ilegal. 

Karena itu, sebelum kalian meminjam dana ada baiknya kalian mengetahui dulu risiko yang ada. Termasuk risiko tidak bisa bayar pinjol ilegal, sebab jelas akan sangat merugikan jika hal itu menimpa ke kalian. 

Dibalik kemudahannya, ada bahaya yang mengintai terutama jika kalian terjebak dalam lingkaran pinjol ilegal. Risiko tidak bisa bayar pinjol ilegal salah satunya yaitu adanya tindakan intimidasi dari pihak penagih pinjaman online. 

Lantas, bagaimana jika kalian sudah terjebak dalam pinjol ilegal? dan apa saja risiko tidak bisa bayar pinjol ilegal? Berikut ini akan disampaikan sejumlah solusi galbay alias gagal bayar pinjol ilegal. Namun, sebelumnya akan disampaikan beberapa risiko yang akan kalian hadapi jika tidak bisa membayar pinjol ilegal.

BACA JUGA:Ini Sederet Risiko Galbay Pinjol Ilegal 2024 Terbaru yang Wajib Kamu Ketahui!

Agar bisa membuka jasa pinjaman online, seseorang harus mendaftarkan jasanya itu pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jika pinjaman online tidak terdaftar pada OJK (Otoritas Jasa Keuangan), maka ini bisa disebut sebagai pinjol ilegal. Jadi, pinjol ilegal merupakan praktik pinjaman uang secara daring yang tidak terdaftar dan tidak memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan OJK.

Risiko Tidak Bisa Bayar Pinjol Ilegal

Apabila kalian meminjam uang melalui pinjaman online, maka selalu ada risiko yang mengikutinya. Jadi selain ada risiko galbay alias gagal bayar pinjol ilegal, juga ada risiko tidak bayar pinjol legal.

Berikut ini adalah beberapa risiko jika kalian tidak bisa membayar pinjol ilegal, sebagaimana dirujuk dari laman Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI):

1. Informasi Pribadi Terancam Tersebar

Selain diteror dengan sangat agresif oleh debt collector, risiko tidak bisa bayar pinjol ilegal yaitu data pribadi kalian bisa saja disalahgunakan.

Karena itu, kalian harus berhati-hati saat memilih jasa pinjaman online. Pinjol ilegal biasanya memang akan meminta data pribadi secara berlebihan. Salah satu tujuannya yaitu untuk menyalahgunakan data-data pribadi tersebut.

BACA JUGA:Ketahui Risiko Tidak Bayar Utang Pinjol yang Wajib Kalian Ketahui, Hidup Jadi Tidak Tenang!

Pinjol legal yang sudah terdaftar pada OJK harus mematuhi peraturan OJK, dan OJK hanya memberi izin akses kamera, mikrofon, dan lokasi.

Kategori :