4 Cara Terbaik Mengamankan Kontak HP dari Pinjol Ilegal, Segera Lindungi Data Diri Anda

Sabtu 20-07-2024,18:56 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

Namun kalian bisa melindungi kontak-kontak baru di ponsel dengan menonaktifkan izin akses. Caranya dengan masuk ke menu pengaturan di ponsel, lalu pilih opsi aplikasi dan temukan aplikasi pinjaman online yang terpasang. Di opsi izin aplikasi, kalian bisa menonaktifkan izin-izin seperti kamera, kalender, kontak, penyimpanan, dan lokasi.

3. Jangan Meminjam di Pinjol Ilegal

Jangan sampai kalian meminjam uang di pinjol ilegal, kalian bisa mengeceknya di daftar pinjol OJK. Pinjol resmi biasanya lebih menjaga kerahasiaan informasi pribadi nasabah dan menawarkan bunga lebih rendah. Sementara itu pinjol ilegal tidak segan-segan menyalahgunakan data kontak yang ditemukan di ponsel. 

BACA JUGA:6 Cara Ampuh Melindungi Kontak HP dari Oknum Pinjol Ilegal, Berikut Ciri-cirinya yang Wajib Dihindari

4. Cermati Syarat dan Ketentuan

Transaksi hutang piutang merupakan sebuah aktivitas yang harus dilakukan dengan hati-hati. Termasuk juga mengenai poin-poin syarat dan ketentuan.

Karena itu kalian perlu membaca dan memahami mengenai persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan. Jangan tergiur berbagai penawaran yang terlihat menguntungkan.

Cermati baik-baik lebih dulu dan apakah terdapat beberapa persyaratan yang tak wajar. Bila kalian menjumpai persyaratan atau ketentuan yang tak lumrah, ataupun tawaran yang berlebihan, batalkan saja.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai cara mengamankan kontak HP dari pinjol ilegal yang dapat kalian lakukan dan terapkan untuk melindungi data pribadi kalian agar tidak bocor. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :