Hindari Utang Menumpuk, Ini 7 Cara Melepaskan Diri dari Jeratan Pinjol

Senin 22-07-2024,06:05 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Zuhlifar Arrisandy

DISWAY JATENG - Perkembangan zaman pinjaman online menjadi jalan keluar untuk mendapatkan dana cepat. Orang-orang selalu terlena dengan akses pinjaman oline dalam genggaman tanpa bisa melihat bahaya yang mengintai di belakangnya yaitu bunga pinjaman.

Terkadang, pinjaman online menjadi cara instan untuk membeli sesuatu dengan harga mahal. Namun, setelahnya banyak orang ingin tahu bagaimana cara lepas dari pinjol.

Salah satu alasannya karena terkadang orang-orang memiliki lebih dari 1 pinjaman online di waktu bersamaan. Masalah utama ini, ketika penghasilan pemilik utang ini lebih kecil daripada kewajiban mereka.

Berbagai upaya dilakukan untuk mencari cara melunasi pinjol yang menumpuk. Walaupun terasa berat, namun sebaiknya memang utang ini dihindari.

BACA JUGA: 8 Cara Ampuh Mengatasi Terlilit Hutang Pinjol, Stop Gali Lubang Tutup Lubang

Nah, agar bisa kembali menjalani aktivitas dengan nyaman ini dia cara lepas dari jeratan pinjaman online. Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai !

7 cara melelepaskan diri dari jeratan pinjol

1. Mulai Kumpulkan Dana

Apabila negosiasi sudah berhasil dilakukan mendapatkan keringanan, maka cara lepas dari pinjol selanjutnya adalah mengumpulkan dana.

Pertama-tama, kamu bisa mengurangi biaya kebutuhan sehari-hari, misalnya mengurangi beli makan di luar rumah, menghindari pembelian barang yang kurang penting, menghemat listrik, dan sebagainya.

BACA JUGA: 6 Cara Efektif Melunasi Hutang Pinjol dengan Tepat Waktu, Solusi Bebas dari Tagihan Pinjol

2. Prioritaskan Hutang Untuk Bunga Besar

Jika memiliki jeratan hutang lebih dari satu, maka memprioritaskan hutang dengan bunga paling besar adalah salah satu cara lepas dari pinjol.

Dapat menuliskan pokok kredit, bunga, tenor, serta jumlah cicilan perbulan untuk masing-masing hutang. Jika sudah dibuat daftar, fokuslah untuk membereskan hutang dengan kredit pokok terbesar.

Hal ini perlu dilakukan agar tidak kebingungan terkait hutang yang harus dilunasi terlebih dahulu. Apabila hutang paling besar sudah terselesaikan, maka bisa untuk melunasi hutang-hutang lainnya sesuai urutan.

3. Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

Gali lubang tutup lubang berarti mengajukan pinjaman online baru untuk membayar pinjol yang sudah jatuh tempo sebelumnya.

BACA JUGA:4 Tips Minta Keringanan Bayar Hutang Pinjol, Solusi Anti Galbay

Meski menyelesaikan masalah pertama, namun hal ini tidak akan membuat terbebas dari jeratan pinjaman online. Masalah yang sama pun akan terulang kembali.

Karenanya, cara lepas dari pinjol yang pertama adalah pastikan bahwa upaya gali lubang tutup lubang ini tidak terlintas dalam pikiran.

4. Menghubungi Perusahaan Pinjol

Apabila terus menerus dihubungi oleh nomor telepon pinjol, maka usahakan untuk tidak menghindar, seperti mengganti nomor atau memblokir nomor pinjol.

Sebaiknya, sampaikan secara baik-baik bahwa kamu akan membayar, namun sampaikan juga kondisi keuangan dan rencana pembayaran tunggakan hutang tersebut.

BACA JUGA: 5 Cara Meminta Keringanan Bayar Hutang Pinjol Supaya Bebas Kunjungan DC dan Galbay

Atau hubungi kontak perusahaan secara langsung untuk menceritakan kondisi keuangan secara transparan, misal sedang dalam kesulitan sehingga harus menunda pembayaran.

Jika ingin lebih dipercaya, sertakan juga bukti yang kredibel. Dengan begitu, kamu memiliki alasan kuat untuk mengajukan keringanan.

5. Mengajukan Restrukturisasi Kredit

Cara lepas dari pinjol berikutnya adalah mengajukan restrukturisasi kredit, yakni sebuah program yang digunakan untuk meringankan angsuran kreditur untuk menghindari kredit macet.

Restrukturisasi kredit tidak hanya berlaku di bank. Pasalnya, OJK (Otoritas Jasa keuangan) pun telah memberikan izin bagi penyelenggara pinjol resmi untuk memberikan keringanan tersebut kepada kreditur.

BACA JUGA: Terjebak Galbay? Ikuti 8 Cara Pelunasan Hutang Pinjol ini, Dijamin Auto Lunas Semua Tunggakannya

Restrukturisasi kredit ini umumnya dalam bentuk potongan denda, potongan bunga cicilan, atau perpanjangan tenor pinjaman, tergantung dari masing-masing perusahaan.

6.  Menjual Barang Dan Aset

Selain itu, Kamu juga bisa menjual aset atau barang-barang yang sudah tidak digunakan dengan cara preloved sebagai salah satu solusi lepas dari pinjol. Bisa juga dengan menjual aset investasi, seperti emas, tanah, atau lainnya.

7. Mencari Kerja Sampingan

Terakhir, mencari penghasilan tambahan dengan pekerjaan sampingan merupakan salah satu cara lepas dari pinjol apabila gaji tidak mencukupi. Cobalah mencari kerja sampingan yang bisa dilakukan di luar jam kerja, misalnya menjadi pekerja lepas atau membuka bisnis makanan.

BACA JUGA: 5 Cara Melunasi Hutang Pinjol Agar Tidak Gagal Bayar, Begini Langkah Efektifnya

Demikian ulasan beberapa cara lepas dari jeratan pinjaman online, bisa menjadi pembelajaran untuk nasabah agar tidak mengulangi kedua kalinya, karena sangat merugikan. Semoga bermanfaat.

Kategori :