Data Pribadi Bisa Bocor, Begini Ciri-ciri IMEI Disadap Pinjol yang Jarang Diketahui

Sabtu 20-07-2024,06:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Zuhlifar Arrisandy

DISWAY JATENG - Ciri-ciri IMEI disadap pinjol, saat ini ramai diperbincangkan. Pasalnya diketahui bahwa ternyata IMEI bisa disadap. IMEI tersebut kemudian dimanfaatkan oleh pinjaman online (pinjol) ilegal dan disalahgunakan. 

IMEI sangat penting karena dapat digunakan untuk melacak perangkat yang hilang. Selain itu, IMEI juga digunakan dalam proses autentikasi jaringan seluler. Hal ini membuat keamanan perangkat HP dapat terancam apabila IMEI disadap. Maka dari itu, perlu ketahui ciri-ciri IMEI disadap pinjol alias pinjaman online. 

Umumnya, saat pertama kali membeli ponsel pintar, kalian akan menemukan nomor IMEI pada kotak HP atau ditempel dalam bentuk stiker dibelakang case ponsel. Kode buatan Globay System for Mobile Association ini biasanya digunakan untuk melacak perangkat yang hilang atau dalam proses autentikasi jaringan seluler.

Karena itu, ciri-ciri IMEI disadap pinjol perlu kalian ketahui agar tidak merasa dirugikan. 

BACA JUGA: Cek Segera, Begini Cara Mengetahui IMEI Disadap Pinjol, Pahami Tanda dan Cara Melindunginya

Pentingnya perlindungan IMEI HP

Keamanan perangkat smartphone bisa terancam jika IMEI disadap. Langsung saja, simak apa saja ciri-ciri IMEI disadap pinjol atau pinjaman online? melalui artikel ini, mari kita bahas penjelasan lengkapnya berikut ini. 

International Mobile Equipment (IMEI) yaitu suatu kode yang dibuat oleh Global System for Mobile Association untuk mengidentifikasi perangkat seluler HP. Kode ini terdiri dari 15 digit yang dihasilkan dari 8 digit Type Allocation Code.

Cara mengetahui IMEI disadap pinjol yaitu dengan memperhatikan ciri-cirinya, antara lain:

  • Perubahan tidak dikenal pada perangkat HP: Apabila mendapati aplikasi yang terunduh secara tiba-tiba, hal tersebut patut diwaspadai.
  • Kinerja ponsel yang menurun: Apabila mendapati kinerja ponsel anda yang menurun seperti baterai yang cepat berkurang dan lemot.
  • Mendapatkan pesan dan panggilan aneh: Apabila mendapatkan pesan atau panggilan tidak biasa dari nomor yang tidak dikenal.
  • BACA JUGA: Bagaimana Cara Unlock IMEI ? Ikuti Langkah-Langkah yang Harus Dilakukan Ketika IMEI Terblokir

    1. Gunakan Aplikasi Keamanan

    Unduhlah salah satu aplikasi keamanan yang terdapat pada playstore. Aplikasi tersebut dapat membantu memindai dan memeriksa keamanan IMEI pada perangkat HP.

    2. Hubungi Operator

    Jika mencurigai adanya tanda-tanda penyadapan, segera hubungi operator perangkat HP yang dimiliki. Para operator akan membantu untuk mengatasi permasalahan tersebut.

    3. Cek Status IMEI

    Kategori :