Cara Menghilangkan Sadapan Pinjol Ilegal

Jumat 19-07-2024,12:30 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG - Maraknya pinjol ilegal, ada berbagai kasus merugikan seperti sadap data penting jika debitur galbay. Bagi Anda yang saat terlanjur menggunakan platfrom ilegal harus tahu cara menghilangkan sadapan pinjol ilegal, khususnya pengguna galbay.

Data-data yang ada di ponsel Anda bisa saja dicuri oleh pinjol sebagai ancaman apabila nunggak atau galbay. Karena itu, cara menghilangkan sadapan pinjol ilegal penting diketahui supaya Anda bebas dari teror.

Tak hanya itu saja, teror dari pinjol ilegal bisa menyasar ke kontak yang tersimpan di ponsel Anda. Dengan mengikuti tips menghilangkan sadapan pinjol ilegal dijamin Anda bisa terbebas dari teror tersebut.

BACA JUGA:Amankan Data Anda, Begini Cara Mengatasi Hp Disadap Pinjol dengan Tepat

Lalu, bagaimana cara menghilangkan sadapan pinjol ilegal agar bebas teror yang mengganggu? Simak penjelasan di bawah ini, ya!

Cara menghilangkan sadapan pinjol ilegal jika terlanjur galbay

1. Hapus Data di Aplikasi

Cara menghilangkan sadapan pinjol ilegal pertama, yakni menghapus data yang ada di aplikasi pinjol. Anda bisa melakukannya dengan cara berikut ini:

  • Buka Setting atau Pengaturan di HP.
  • Pilih aplikasi pinjol ilegal yang digunakan.
  • Klik hapus data dan cache.

2. Hapus Aplikasi Pinjol Ilegal

Cara berikutnya, yakni Anda bisa menghapus aplikasi pinjaman online. Dengan menghapus aplikasi, debitur bisa terbebas dari urusan pinjol seperti teror penagihan dan lainnya.

BACA JUGA:2 Tips Amankan Kontak Hp dari Teror Pinjol Ilegal, Bebas dari Sadap dan Pelacakan

3. Nonaktifkan Akses Izin Aplikasi

Cara menghilangkan sadapan pinjol ilegal berikutnya, yakni nonaktifkan akses izin aplikasi. Cara ketiga ini berguna supaya pinjol tidak bisa akses file, dan nomor kontak yang ada di HP.

Untuk menonaktifkan akses izin di aplikasi pinjol ilegal mudah, berikut caranya:

  • Buka aplikasi.
  • Masuk ke menu pengaturan.
  • Temukan aplikasi pinjol yang izinnya ingin dinonaktifkan.
  • Pilih jenis izin yang mau dimatikan.
  • Nonaktifkan semua akses perizinan di aplikasi pinjol.

Dengan melakukan cara ini, pinjol tidak bisa lagi mengakses kontak, file, foto, dan data penting di ponsel Anda. Cara ini biasanya dilakukan oleh pengguna yang tidak ingin uninstall aplikasi pinjol.

Kategori :