10 Tips Menggunakan Pinjol Agar Tidak Terjerat Utang dan Gagal Bayar

Kamis 18-07-2024,05:55 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Zuhlifar Arrisandy

5. Buat Anggaran untuk Membayar Tagihan Tepat Waktu

Agar bebas dari bunga dan denda sebaiknya rencanakan anggaran keuangan yang realistis. Karena itu, sebaiknya alokasikan dana khusus untuk membayar tagihan tepat waktu.

BACA JUGA: 3 Solusi Galbay Pinjol Legal Agar DC Tidak Mengunjungi Rumah

6. Hindari Meminjam untuk Melunasi Utang

Tips menggunakan pinjol berikutnya, yakni hindari meminjam untuk melunasi utang. Pasalnya hal ini hanya akan membuat utang semakin banyak dan beresiko berurusan dengan debt collector.

7. Jangan Putus Komunikasi dengan Pinjol

Apabila saat ini kesulitan bayar utang dan ingin terbebas dari galbay, jangan sampai Anda memutus hubungan dengan pihak pinjol. Sebaiknya mencari solusi dan hubungi pihak pinjol supaya diberikan keringanan.

8. Laporkan jika Dirugikan

Melaporkan pinjol bisa Anda lakukan apabila mengalami kerugian. Laporkan ke OJK supaya pihak pinjol diberikan efek jera.

BACA JUGA: Kesulitan Lunasi Utang? Begini 5 Solusi Mengatasi Galbay Pinjol Supaya Bebas Lilitan Utang

9. Ajukan Pinjaman di Pinjol Secukupnya

Mengajukan pinjaman di pinjol sebaiknya digunakan jangan berlebihan. Carilah alternatif pendanaan lain yang lebih aman dan stabil, seperti menabung atau mencari tambahan penghasilan.

10. Terapkan Strategi Keuangan yang Bijak

Terakhir, Anda perlu memiliki strategi keuangan yang baik agar terhindar dari gagal bayar di pinjaman online. Hal ini akan membantu Anda membuat keputusan keuangan yang lebih bijak dan terhindar dari risiko penipuan.

Dengan menerapkan sepuluh cara di atas Anda bisa terbebas dari jeratan utang dan berbagai risiko merugikan lainnya. Cara-cara ini bisa dilakukan sebelum Anda mengajukan pinjaman online.

Demikian informasi seputar tentang tips menggunakan pinjol agar terhindar dari galbay dan lilitan utang. Semoga bermanfaat.

Kategori :