Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Lakukan Visitasi Praktik Mandiri Bidan

Selasa 16-07-2024,10:30 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, SLAWI - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal melakukan visitasi praktek mandiri bidan di wilayah Puskesmas Lebaksiu. Tepatnya di Bidan Suci Desa Yamansari.

Kegiatan ini tujuannya untuk melakukan pemeriksaan kelengkapan saranan dan prasarana serta kesesuaian administrasi praktek bidan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dr Ruszaeni melalui Ketua Tim Kerja Perizinan Tenaga Kesehatan, Paramita, SKM mengatakan, selain untuk memeriksa kelengkapan sarpras, juga untuk pengawasan dan pembinaan mutu pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat.

BACA JUGA:Operasi Patuh Candi 2024 Dimulai

"Prinsipnya, tujuan visitasi ini yaitu untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan untuk mendukung penurunan masalah kesehatan," kata Paramita.

Untuk mewujudkan itu, lanjut Paramita, maka perlu diimbangi pula dengan tenaga kesehatan yang berkualitas serta memenuhi aspek legal dalam memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat.

Diharapkan, ada perbaikan kualitas sarana prasarana yang mendukung pelayanan kesehatan masyarakat secara langsung.

BACA JUGA:Dies Natalis ke-22, Poltek Harber Tegal Adakan Donor Darah

"Bagi yang belum berkualitas, maka harus diperbaiki," pesannya.

Dia juga menyarankan, bagi semua bidan yang membuka praktek mandiri, supaya melengkapi Surat Izin Praktik (SIP). Sarpras juga harus sehat serta memiliki akun praktek mandiri Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK).

"Untuk dokter, bidan, perawat wajib registrasi fasyankes," tutupnya. (adv)

Kategori :