Dapatk Tawaran Bunga Deposito Tinggi? Begini Cara Menanggapinya

Selasa 16-07-2024,14:30 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG- Mengatasi tawaran bunga deposito tinggi memang hal yang sangat membingungkan, terlebih lagi bagi orang awam atau pemula.

Namun kini anda perlu bingung lagi jika mendapatkan tawaran bunga deposito tinggi, karena kami akan memberitahu cara terbaik untuk mengatasinya.

Mendapatkan tawaran bunga deposito tinggi merupakan suatu hal yang sangat menggiurkan, tetapi dibalik itu semua anda wajib waspada dan cermat sebelum mengambil keputusan.

Karena banyak kejahatan dengan berdalih menawarkan bunga deposito tinggi, untuk berjaga-jaga supaya anda tidak tertipu yang berujung mengalami kerugian maka anda dapat menerapkan langkah dibawah ini.

BACA JUGA:6 Jenis Investasi untuk Pemula, Wajib Dicoba!

Cara Menghadapi Bunga Deposito Tinggi :

1. Pahami Kredibilitas Bank

Langkah pertama jika mendapatkan tawaran bunga deposito tinggi yaitu dengan memastikan kredibilitas bank. Pastikan bank tersebut terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Periksa juga reputasi bank dalam hal kesehatan keuangan dan layanan nasabah. Hindari tergoda dengan bank yang baru berdiri atau memiliki reputasi yang meragukan.

2. Bandingkan Suku Bunga

Jangan mudah tergiur dengan satu penawaran saja. Lakukan riset dan bandingkan suku bunga deposito yang ditawarkan oleh berbagai bank. Gunakan situs web pembanding suku bunga terpercaya atau hubungi langsung bank untuk mendapatkan informasi terbaru. Perhatikan juga tenor deposito dan ketentuan lain yang berlaku.

3. Cermati Risiko dan Syarat

Bunga deposito tinggi umumnya memiliki risiko yang lebih tinggi. Pahami dengan seksama syarat dan ketentuan deposito, termasuk penalti jika dana ditarik sebelum jatuh tempo. Pastikan Anda memahami semua konsekuensi sebelum menyetujui penawaran.

4. Diversifikasi Investasi

Jangan menaruh semua telur dalam satu keranjang. Hindari menaruh seluruh dana Anda dalam satu jenis deposito, meskipun menawarkan bunga yang besar. Diversifikasikan portofolio Anda dengan berinvestasi di produk lain seperti reksadana, obligasi, atau saham untuk meminimalkan risiko.

5. Waspadai Penipuan

Kategori :