10 Tips Lunasi Utang Pinjol agar Terhindar dari Gagal Bayar dan Penagihan DC

Selasa 16-07-2024,13:30 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Rochman Gunawan

Solusi berikutnya jika Anda memiliki tabungan atau dana darurat bisa dimanfaatkan untuk melunasi utang. Adanya dana darurat bisa digunakan untuk melunasi utang sebagian atau seluruh utang.

BACA JUGA:8 Syarat DC Lapangan Pinjol Boleh Menagih Utang ke Rumah Nasabah

5. Mencari Penghasilan Tambahan

Kesulitan melunasi utang karena kurangnya pendapatan? Solusinya yakni mencari penghasilan tambahan yang dapat digunakan untuk melunasi utang.

6. Bayar Utang Tepat Waktu

Untuk hindari risiko terjadinya galbay, tentu saja debitur harus disiplin dalam melunasi utang. Penting bagi debitur membayar tagihan tepat waktu sesuai tanggal jatuh tempo yang sudah ditentukan.

7. Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

Saat memiliki utang di pinjaman online sebaiknya debitur menghindari mengajukan pinjaman baru. Cara ini tidak disarankan karena bisa menyebabkan utang baru.

8. Cari Solusi dengan Menghubungi Pinjol

Cara di atas belum efektif? Apabila Anda saat ini tidak ada uang dan ingin menghindari berbagai risiko kerugian yang disebabkan nunggak, segera hubungi pinjol.

Menghubungi pihak pinjol dapat memberikan solusi supaya debitur diberikan keringanan. Pasalnya penyedia pinjol mampu bersedia memberikan keringanan kepada debitur yang kesulitan bayar utang.

9. Minta Keringanan

Supaya utang pinjaman online lebih mudah dibayar, debitur bisa meminta keringanan. Namun, biasanya ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu supaya mendapatkan keringanan.

10. Hidup Hemat

Terakhir, jika Anda ingin cepat melunasi utang dan terhindar dari galbay terapkan gaya hidup hemar. Hal ini untuk mengurangi pengeluaran Anda dan bisa menyisihkan pendapatan untuk lunasi utang pinjol.

Demikian informasi seputar tips lunasi utang pinjol agar debitur terhindar dari gagal bayar dan kedatangan DC. Semoga bermanfaat.

Kategori :