7 Destinasi Wisata Edukasi Unik dan Menarik di Jawa Tengah

Minggu 14-07-2024,12:45 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG - Indonesia mempunyai beragam destinasi wisata edukasi unik dan menarik yang menawarkan pengalaman berharga. Salah satu provinsi yang menarik untuk dikunjungi adalah Jawa Tengah.

Jawa Tengah memiliki berbagai tempat bermain sambil belajar yang seru, mulai dari museum hingga taman satwa. Selama liburan kamu akan mendapat pengetahuan baru, dan pengalaman yang tak terlupakan.

Selama libur sekolah, kamu pasti ingin melakukan banyak kegiatan. Untungnya, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga, seperti mengunjungi tempat wisata edukasi unik dan menarik di Jawa Tengah.

Oleh karena itu, Jawa Tengah menjadi destinasi wisata edukasi unik dan menarik untuk liburan keluarga maupun pribadi yang menyenangkan. Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:7 Tempat Wisata di Purwakarta yang Keren untuk Liburan

Berikut ini 7 destinasi wisata edukasi unik dan menarik di Jawa Tengah :

1. Candi Borobudur

Pertama, Candi di Jogja yang paling terkenal di dunia. Candi Borobudur merupakan candi Budha yang telah dinobatkan sebagai monumen dan stupa terbesar di dunia oleh UNESCO. Dinding Candi Borobudur dihiasi oleh 2672 pahatan yang tersusun sepanjang 6 km yang merupakan relief Budha terbesar dan terlengkap di dunia.

Relief yang terpahat di dinding tersebut selain sebagai dekorasi, juga menceritakan 4 kisah, yaitu Karmawibangga, Lalita Wistara, Jataka dan Awanda serta Gandawyuda. Tentunya, pemandangan terbit dan terbenamnnya matahari dari atas wisata candi di kota Jogja ini akan membuat para wisatawan terpukau atas keindahannya.

Alamat: Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

2. Semarang Zoo

Semarang Zoo yang juga dikenal sebagai Kebun Binatang Mangkang, telah menjadi tujuan wisata favorit di Semarang. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan beberapa hewan seperti burung, ular, gajah, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, tempat ini lebih menarik karena terdapat permainan untuk anak-anak. Baru-baru ini, ada juga wahana off-road baru untuk segala usia.

Berwisata ke kebun binatang tentunya tidak hanya menghibur tetapi juga memiliki nilai edukasi tersendiri. Di sini, terdapat berbagai jenis hewan, mulai dari jenis burung, mamalia, primata, hingga jenis ikan. Setidaknya ada 281 kelompok hewan dari 51 spesies.

Uniknya, Semarang Zoo juga menyediakan museum hewan yang diawetkan, yang berasal dari binatang-binatang yang telah mati akibat usia tua atau sakit di kebun binatang ini.

Lokasi: Jl. Raya Mangkang, Mangkang Kulon, Ngaliyan, Mlaten, Sumberejo, Kaliwungu, Semarang, Jawa Tengah.

3. Taman Pintar Yogyakarta

Ketiga, Ada Taman Pintar Yogyakarta merupakan tempat wisata interaktif yang menarik dan edukatif bagi anak-anak. Dengan beragam pameran ilmiah dan permainan edukatif, anak-anak dapat belajar tentang ilmu pengetahuan dan teknologi dengan cara yang menyenangkan.

Aktivitas seperti eksperimen sains, simulasi gempa, dan planetarium akan membuat liburan mereka menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Lokasi :  Jl. Penembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Museum Kereta Api Ambarawa

Jika biasanya anak-anak belajar tentang kereta api melalui film di TV atau mainan, di Semarang, anak bisa melihat lokomotif kereta secara langsung.

Di Museum Kereta Api Ambarawa, pengunjung bisa belajar sejarah munculnya kereta api dan menjumpai koleksi lokomotif uap dari seri B, C, D hingga CC, dan koleksi barang antik lain terkait dunia kereta api.

Pengunjung bisa menikmati pengalaman seru menaiki kereta uap yang sudah tidak beroperasi lagi dan menambah pengetahuan.

Lokasi: Jalan Stasiun, No. 1, Panjang Kidul, Panjang, Ambarawa, Semarang.

BACA JUGA:10 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Unik dan Menarik, Cocok Untuk Moment Liburan Kamu

5. New Celosia

Selanjutnya, Berada di dataran tinggi, New Celosia merupakan salah satu tempat wisata di Semarang yang lagi hits 2024 dengan udara sejuk. Taman bunga instagramable ini tak cuma punya banyak spot foto keren, tetapi juga berbagai wahana seru yang pas untuk bersenang-senang.

Setidaknya ada lebih dari 100 spot foto yang patut kamu abadikan. Maka, pakai outfit terbaik jadi kunci agar fotomu lebih estetik. Lalu, habiskan waktu dengan menjelajahi berbagai spot menarik di New Celosia.

Ada Taman Domba dan Kelinci, Komidi Putar, Trampolin, Ontang-Anting serta berbagai wahana menantang seperti ATV, Mini Cross, Cinema 7D, dan Rainbow Slide.

Lokasi: Jl. Ke Candi Gedong Songo, Beroken, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang.

6. Solo Safari

Solo Safari merupakan wajah baru kota Solo. Destinasi wisata ini termasuk kebun binatang baru karena dibuka pada 2023. Solo Safari sebelumnya merupakan Taman Satwa Jurug, yang kemudian direvitalisasi dengan tampilan yang baru dan modern serta namanya juga diubah menjadi Solo Safari.

Solo Safari memiliki berbagai jenis spesies hewan dan tumbuhan. Dengan mengusung konsep wisata alam, jalan-jalan yang ada di Solo Safari ditanami pohon yang besar dan rindang, sehingga tempatnya terasa sejuk dan nyaman.

Solo Safari terletak di Jalan Ir. Sutami No.109, Kecamatan Jebres, Solo. Solo Safari buka setiap hari pukul 08.30-16.30 WIB.

BACA JUGA:Tempat-tempat Seru untuk Liburan Bersama yang Rekomended di Wisata Keluarga Dieng

7. Museum Mandala Bhakti

Terakhir, Ada juga museum Mandala Bhakti yang bisa jadi salah satu pilihan tempat wisata saat liburan. Museum yang berlokasi di Jalan Mgr Soegijapranata No 1, Barusari, Kecamatan Semarang Selatan.

Dengan berkunjung ke tempat ini, kamu akan melihat berbagai bukti sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah dan mendapat kemerdekaan.

Di museum ini, bukan hanya dipajang berbagai senjata yang digunakan, tapi juga seragam, kendaraan perang, dan berbagai foto pahlawan Indonesia. Di tempat ini, kamu bisa berwisata sambil belajar tentang sejarah Indonesia.

Demikian ulasan destinasi wisata edukasi unik dan menarik di Jawa Tengah yang bisa menjadi rekomendasi kamu disaat liburan ini. Selain mendapatkan pengalaman yang menyenangkan kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan baru.Semoga bermanfaat.(*)

 

Kategori :