Bagaimana Tips Mengatasi Teror DC Pinjol? Terapkan 5 Solusi Cerdas Ini Dijamin Kabur

Jumat 12-07-2024,19:46 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

4. Pertahankan Bukti-bukti

Tips mengatasi teror DC pinjol berikutnya yaitu memiliki bukti teror pinjol yang dilakukan debt collector. Pertahankan bukti-bukti seperti rekaman suara atau pesan teks yang mendukung pengaduan kalian. Hal ini bisa menjadi bukti kuat jika nantinya kalian akan membawa kasus ini ke ranah hukum.

5. Kenali Hak Sebagai Nasabah

Tips mengatasi teror DC pinjol yang satu ini yaitu kenali hak kalian sebagai nasabah. Apabila ternyata kalian memang pernah melakukan pinjaman online, sebagai nasabah memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan dari aturan yang berlaku.

Salah satu aturan yang perlu diketahui yaitu Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 18/POJK.01/2018 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan.

BACA JUGA:Tips Menghindari Teror DC Pinjol Ilegal, Lakukan 3 Cara ini Dijamin Bebas Penagihan

Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa penagihan utang harus dilakukan dengan cara yang sopan dan tidak merugikan nasabah. Selain itu, debt collector harus memberikan informasi yang jelas dan benar kepada nasabah mengenai jumlah utang, bunga, biaya, dan jangka waktu pelunasan.

Cara Menghadapi DC Pinjol 

jika kalian mendapat teror atau tekanan dari DC, kalian harus tetap tenang dan tidak perlu panik. 

Yang pertama, minta tunjukan kartu sertifikasi profesi penagih utang atau debt collector. Selanjutnya kalian bisa minta untuk dijelaskan alasan keterlambatan dalam pembayaran tagihan pinjaman dengan baik. Tidak mencoba menghilang dan menghindar dari masalah.

Di sisi lain, sebagian masyarakat mengaku pernah diteror DC padahal tidak pernah melakukan meminjam dana dari pinjol. Biasanya, modus ini dilakukan oleh perusahaan pinjol ilegal. Jika hal tersebut terjadi, kalian tak perlu panik. 

Itulah beberapa informasi seputar tips mengatasi teror DC pinjol beserta cara menghadapinya yang perlu kalian lakukan dan terapkan. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :