HP Tiba-tiba Restart Saat Bermain Game, Ini Penyebab dan Solusinya

Kamis 11-07-2024,06:19 WIB
Reporter : Moh Azizul Umar
Editor : Zuhlifar Arrisandy

DISWAY JATENG - Apakah Anda seorang gamer yang bersemangat yang suka menghabiskan waktu berjam-jam memainkan game favorit Anda di laptop HP Anda? Tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada hp mengalami restart tiba-tiba saat tengah intens bermain game.

Jika Anda menghadapi masalah ini, Anda tidak sendirian. Banyak gamer mengalami masalah yang sama, dan itu bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Pada artikel ini, kami akan menyelidiki kemungkinan alasan di balik hp tiba-tiba restart saat bermain game. Selain itu juga solusi efektifnya, untuk mengatasi masalah ini.

BACA JUGA: Gausah Panik, Inilah Cara Mudah Mengatasi Hp Mati Sendiri

Penyebab  hp tiba-tiba restart saat bermain game

1. Terlalu panas

Salah satu alasan paling umum laptop HP restart saat bermain game adalah panas berlebih. Saat Anda memainkan game intensif grafis, CPU dan GPU bekerja dengan kapasitas penuh, menghasilkan panas dalam jumlah yang signifikan.

Jika sistem pendingin laptop tidak dapat menghilangkan panas ini secara efektif, hal ini dapat menyebabkan panas berlebih dan pada akhirnya mengakibatkan restart secara tiba-tiba.  Solusinya antara lain:

  • Pastikan ventilasi yang baik: Pastikan ventilasi laptop tidak terhalang dan ada aliran udara yang cukup di sekitar perangkat.
  • Gunakan bantalan pendingin: Berinvestasi pada bantalan pendingin berkualitas baik dapat membantu mengurangi suhu laptop selama sesi bermain game.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Hp Mati Total Sendiri, Ikuti Langkahnya Tanpa Perlu ke Tukang Service

2. Driver yang ketinggalan zaman

Driver yang usang atau tidak kompatibel juga dapat menyebabkan laptop HP Anda tiba-tiba restart saat bermain game. Driver kartu grafis sangat penting untuk kinerja game yang lancar, dan driver yang kedaluwarsa dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem.

Solusi yakni dengan memp erbarui driver, dengan memriksa pembaruan kartu grafis, chipset, dan driver penting lainnya secara teratur. Lalu instal versi terbaru untuk memastikan kinerja yang optimal.

3. Masalah Catu Daya

Catu daya yang tidak mencukupi atau baterai yang rusak juga dapat memicu restart mendadak selama bermain game. Saat laptop tidak menerima daya yang memadai, laptop dapat mati atau dihidupkan ulang untuk melindungi komponen perangkat keras.

BACA JUGA: Jangan Panik, Begini 6 Tips Memperbaiki HP Mati Total, Simak Juga Penyebab HP Mati Total

Kategori :