7 Tips Memilih Pinjol Terpercaya yang Aman dan Terdaftar di OJK

Rabu 10-07-2024,15:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Tips memilih aplikasi pinjol terpercaya berikutnya yaitu situs perusahaan digembok, mungkin terdengar sedikit aneh namun belum banyak orang yang mengetahuinya, maksud dari situs digembok yaitu ketika kalian sedang menelusuri jejak aplikasi pinjaman uang online melalui situs–situsnya, kalian dapat memperhatikan situs tersebut ketika membukanya. Pada ponsel atau komputer kalian bisa melihat sisi pojok kiri atas dari situs tersebut.

Jika ketika membuka situs dari perusahaan jasa pinjaman uang online tersebut situsnya terdapat logo gembok atau tergembok maka bisa dikatakan keamanan dari perusahaan tersebut terjamin, hal ini bisa menjadi salah satu indikasi yang bisa diterapkan dalam memilih sebuah aplikasi pinjaman uang online yang terpercaya.

5. Coverage Area (Cakupan Area)

Tips selanjutnya yaitu dengan memilih sebuah aplikasi pinjol yang beroperasi di seluruh Indonesia. Mengapa demikian, karena perlu diketahui bahwa ada beberapa perusahaan Fintech penyedia pinjaman uang online yang masih beroperasi hanya pada beberapa kota saja.

Ketika kalian memilih sebuah aplikasi pinjaman uang online dengan coverage area (cakupan area) seluruh Indonesia, maka dapat dikatakan perusahaan jasa pinjaman uang online tersebut sudah masuk kedalam kategori perusahaan besar, dengan demikian tingkat kepercayaan kalian sebagai debitur (peminjam uang) akan lebih percaya, juga dari segi keamanan akan lebih terjamin.

BACA JUGA:Jangan Sembarangan, Begini Cara Memilih Aplikasi PInjol untuk Mahasiswa

6. Mudah Cek Status Uang Yang Dipinjam

Sebagai seorang debitur (pihak yang meminjam) harus bisa melakukan cek dengan mudah terhadap uang pinjaman yang diajukan. Artinya dalam sebuah aplikasi pinjol yang terpercaya seharusnya terdapat beberapa fitur seperti status total pinjaman, bunga dari pinjaman tersebut berapa, jatuh temponya kapan dan lain sebagainya.

7. Memperhatikan Persyaratan Yang Diminta

Sebelum melakukan pinjaman melalui sebuah aplikasi online yang harus diperhatikan terlebih dahulu yaitu membaca dan memahami persyaratan yang diminta pada umumnya. Seperti KTP, KK, NPWP, Slip Gaji dan buku tabungan. Jika suatu aplikasi meminta dokumen sangat penting yang kalian miliki maka disarankan kalian memilih aplikasi lain.

Itulah beberapa informasi seputar tips memilih aplikasi pinjol terpercaya dan aman untuk kalian gunakan. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :