Siap Meluncur, Fitur Terbaru Android 15 Hadir dengan Kenaikan Performa

Senin 08-07-2024,12:15 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG - Google resmi mengumumkan peluncuran fitur terbaru Android 15. Tetapi sistem operasi untuk HP Android ini masih dalam tahap awal uji coba untuk pengembang, bukan untuk publik. 

Fitur baru Android 15 lainnya yakni di aplikasi pihak ketiga buatan non Google, seperti Snapchat atau Instagram. Sistem operasi itu menyediakan kontrol lebih banyak pada aplikasi kamera ponsel. 

Android 15 akan hadir akhir tahun ini. Berdasarkan jadwal resminya, fase pengembangan akan berlangsung hingga Juni 2024. Sekitar waktu yang sama, fase stabilitas platform dimulai saat Google menyelesaikan bug dan kesalahan untuk mempersiapkan OS baru untuk rilis final.

Nah, apa saja sih fitur terbaru Android 15, yang akan hadir dengan kenaikan performa daripada pendahulunya. Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya! 

BACA JUGA:Hp Terbaru yang Cocok Digunakan Bulan Ini

Berikut ini fitur terbaru Android 15 yang wajib diketahui :

1. Berbagi Layar Sebagian

Berbagi layar sebagian juga disebut-sebut akan hadir di Android 15. Dengan ini, pengguna tidak perlu lagi risau jika ingin membagikan tampilan layar perangkatnya. Sebab Partial Screen Sharing  atau berbagi layar sebagian memungkinkan pengguna membagikan tampilan layar di satu bagian saja, bukan seluruhnya.

Fitur ini pertama kali diaktifkan di Android 14 QPR 2 pada perangkat Pixel. Namun ke depannya, Partial Screen Sharing disebut akan tersedia di seluruh platform Android yang lebih luas.

2. Mencari Perangkat dalam Kondisi Offline

Android 15 disebut-sebut bakal hadir di tahun 2024 ini, walaupun belum diketahui secara pasti tanggal dan bulan perilisannya.  Salah satu fitur yang dikatakan bakal hadir di Android 15 adalah cari perangkat dalam kondisi offline.

Ini menarik karena sebelumnya, Find My Device atau Temukan Perangkat Saya hanya bisa diakses saat HP dalam kondisi online dan menyala. Temuan laman Android Police menyebut semua HP dengan sistem operasi Android 15 dapat saling mengirim ping melalui konektivitas Bluetooth.

koneksi antar perangkat Android 15 ini akan mempermudah pencarian HP yang hilang.  Sebab bila berjalan dengan baik, Android akan punya jaringan pelacakan Bluetooth lebih besar mengingat jumlah penggunanya yang begitu banyak di dunia.

Menurut sebuah laporan, Google saat ini juga sedang mengerjakan fitur Powered Off finding alias pencarian perangkat walaupun kondisinya mati. Penting diketahui, fitur ini memerlukan dukungan perangkat keras agar konektivitas Bluetooth tetap dapat menyala walaupun perangkat dimatikan.

3. Penurunan Volume Notifikasi dari Aplikasi yang Sama

Notification cooldown juga disebut-sebut bakal jadi satu fitur yang bakal hadir di Android 15. Mudahnya, fitur ini bakal membuat notifikasi dari aplikasi yang sama tidak terasa begitu mengganggu.

Hal tersebut karena volume notifikasi dari aplikasi yang sama akan diturunkan secara bertahap. Awalnya, Android 15 versi beta pertama menyembunyikan fitur ini.

Namun fitur ini disebut telah dimunculkan pada Android 15 versi Developer Preview pertama. Fitur Notification cooldown terlihat ditemani pula toggle dengan fungsi yang bernama "Vibrate When Unlocked".

BACA JUGA:Sistem Pure Android Hp Asus Terbaik

4. Konektivitas Satelit

Sebelumnya, Apple sudah terlebih dahulu mengadopsikan dukungan konektivitas satelit untuk perangkat garapannya yang tidak lain adalah iPhone. Dukungan konektivitas satelit bahkan disebut-sebut tidak hanya dapat dipakai dalam kondisi darurat saja. Sebab Android 15 memungkinkan aplikasi SMS dan RCS bawaan dipakai untuk mengirim serta menerima pesan dengan dukungan konektivitas satelit.

Berbeda dengan Apple yang saat ini masih membatasi pemakaian konektivitas satelit hanya untuk kondisi darurat. Namun terkait pemakaian konektivitas satelit lebih dalam, sayangnya Google belum mengonfirmasinya secara rinci.

5. Private Space

Privasi tidak hanya mengenai data atau informasi apapun yang ditampilkan layar. Oleh karenanya, Android 15 disebut-sebut akan hadir dengan Private Space atau Ruang Pribadi.  Ruang pribadi ini bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengamankan file dan data pentingnya. 

6. Pengarsipan Aplikasi

Masih ada beberapa bocoran fitur yang dikatakan bakal hadir di Android 15. Pengarsipan aplikasi atau App Archiving, fitur ini akan membuat ruang penyimpanan di perangkat dapat lebih mudah dihemat.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan mencopot pemasangan aplikasi yang tidak digunakan sambil menyimpan data pengguna. Jadi ketika aplikasi dibutuhkan kembali di lain waktu, pengguna dapat kembali memakainya dengan setelan terakhir. 

BACA JUGA:6 Cara Mengatasi HP Samsung Cepat Panas

7. Battery Health atau Kesehatan Baterai

Fitur Battery health untuk mengetahui kondisi kesehatan baterai sebelumnya sudah terlihat pada Android 14 QPR2 Beta 2.   Namun dengan Android 15, pengguna dapat lebih mudah mengakses dan mengetahui kondisi baterai pada perangkatnya.

Diketahui kondisi kesehatan baterai dapat menurun seiring dengan lamanya pemakaian perangkat.  Adanya fitur ini sedikit banyak dapat mempermudah pengguna untuk mengetahui waktu penggantian baterai yang tepat. 

Demikian ulasan tujuh fitur terbaru Android 15 yang bakal hadir di tahun 2024, Dengan fitur menarik sangat recommended buat kamu yang mau upgrade Smartphone. Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :