Ketahui 7 Tips Ampuh Menghentikan Pinjol Sebar Data, Dijamin Aman dan Terjaga

Minggu 07-07-2024,22:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Berikut ada beberapa tips menghentikan pinjol sebar data yang sangat penting saat kalian terjerat pinjol yang ilegal. Banyaknya pinjol yang tersebar membuat bingung dalam memilih pinjaman online yang aman. 

Biasanya, pinjaman online yang melakukan penyebaran data pribadi merupakan pinjol ilegal yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Maraknya kasus penyebaran data pribadi oleh platform pinjaman online menjadi keresahan bagi banyak orang. Bagi kalian yang mengalaminya, simak beberapa solusi tips menghentikan pinjol sebar data pada artikel ini. 

Menurut buku Fenomena pinjol (Konsep dan Strategi Pemasaran) oleh Iskandar Rifai, Silvya L Mandey, dan Stnass Levyna H.V Joyce Lapian, pinjol ilegal biasanya memanfaatkan data pribadi tersebut untuk beberapa tujuan. Adapun contoh sebar data pinjol berupa informasi pribadi, seperti nama lengkap, alamat rumah, nomor telepon, NIK, akun media sosial, galeri foto/video, dan lainnya. Maka dari itu, tips menghentikan pinjol sebar data menjadi solusinya. 

Lalu, apa saja tips menghentikan pinjol sebar data? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

BACA JUGA:6 Cara Efektif Menghentikan Pinjol Sebar Data Pribadi agar Data Tetap Aman dan Tidak Disalahgunakan

 

1. Hapus Izin Aplikasi dan Data

Tips menghentikan pinjol sebar data yaitu dengan hapus izin aplikasi pinjol di pengaturan ponsel dan bersihkan semua data serta cache yang terkait dengan aplikasi tersebut.

Hanya saja, cara ini terkadang tidak efektif jika kalian sudah menyetujui izin aplikasi dan data saat mengajukan pinjaman ke pihak pinjol.

2. Laporkan ke Pihak Berwajib

Kalian bisa membuat laporan ke pihak kepolisian jika pihak pinjol menyebarkan data pribadi dibarengi dengan aksi intimidasi dan ancaman kekerasan.

“Namun sebelum membuat laporan pidana di kepolisian, sebaiknya kalian mempersiapkan terlebih dahulu bukti permulaan sebagai dasar pengajuan laporan,” tulis buku tersebut.

Bukti tersebut bisa berupa rekaman suara, rekaman video, tangkapan layar teks pesan, saksi-saksi dan lain sebagainya. Selain pihak kepolisian, laporkan juga ke OJK dengan menyiapkan bukti-bukti pendukung.

3. Buat Kesepakatan dengan Pihak Pinjol

Tips menghentikan pinjol sebar data berikutnya yaitu melakukan kesepakatan dengan pihak pinjol. Hubungi pihak pinjol terkait kekhawatiran mengenai penyebaran data pribadi.

Kategori :