4 Cara Pemutihan BI Checking, Apa y?

Sabtu 06-07-2024,14:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG - Cara pemutihan BI checking dilakukan untuk mengeluarkan nama nasabah dari daftar hitam. Tanda adanya pemutihan, nasabah dalam daftar blacklist. Karena itu, perlu ketahui cara pemutihan BI checking agar pengajuan mudah di acc. 

Dalam proses pengajuan kredit termasuk KPR, ada kemungkinan aplikasi nasabah ditolak. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari dokumen yang tidak lengkap hingga BI checking yang bermasalah. Ketika BI checking menjadi permasalahan yang menyebabkan aplikasi kredit ditolak, nasabah bisa melakukan dengan cara pemutihan BI checking tanpa khawatir terjadinya penolakan. 

Cara pemutihan BI checking atau SLIK OJK menjadi solusi yang tepat bagi kalian yang ingin mengajukan pinjaman kembali, saat sebelumnya memiliki skor kredit yang buruk. Maka pemutihan ini dapat kalian lakukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. 

Dibawah ini ada beberapa cara pemutihan BI checking yang dapat kalian coba dan terapkan agar bisa menghilangkan daftar hitam yang sudah ada. 

BACA JUGA:Bagaimana Cara Pemutihan BI Checking dan Berapa Lama Prosesnya? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Cara Pemutihan BI Checking/SLIK OJK

1. Bawa Surat Keterangan Lunas Utang

Cara pemutihan BI checking nasabah bisa meminta surat keterangan atau klarifikasi jika utangnya sudah lunas. Bawa surat tersebut ke kantor OJK sebagai bukti bahwa kalian sudah melunasi utang yang ada. OJK akan melakukan pembaruan skor kreditmu pada SID. Tunggu sampai SLIK OJK menyatakan bahwa skor kreditmu sudah benar-benar bersih untuk mengajukan kembali pinjaman atau kredit yang tertunda.

2. Lakukan Negosiasi dengan Pihak Kreditur

Jika nasabah tidak bisa melunasi langsung seluruh utang berikut bunga dan penaltinya, maka nasabah bisa melakukan negosiasi dengan kreditur. Pihak pemberi pinjaman bisa memberikan keringanan berupa perpanjangan tenor untuk meringankan cicilan maupun meringankan bunga yang dikenakan.

3. Lunasi Tunggakan yang Ada

Cara pemutihan BI checking berikutnya yang harus dilakukan untuk menaikkan skor kredit yaitu dengan melunasi utang atau tunggakan yang ada. Jika nasabah masih punya tunggakan di salah satu bank, maka bisa dipastikan pinjaman di bank lain juga tidak akan diterima.

BACA JUGA:Cara Pemutihan BI Checking Supaya Nama Bersih dan Pengajuan Cepat Disetujui

4. Lakukan Pemantauan

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, lakukan kembali pengecekan skor kredit. Jika ternyata tidak ada perubahan, kalian bisa mengajukan komplain ke bank terkait.

Kategori :