Ini Dia 6 Tips Mengatasi Lupa Password HP Semua Merek yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Rabu 19-06-2024,21:23 WIB
Reporter : Asyifa Suryani
Editor : Laela Nurchayati

DISWAYJATENG - Apakah kamu pernah lupa password hp? Dari pada dibawa ke tempat service yang akan merogoh isi kantong, kamu bisa membaca tips mengatasi lupa password HP semua merek.

HP sudah menjadi barang yang sangat penting di era sekarang, kamu bisa melakukan apapun dari HP kamu. Namun bagaimana jika suatu saat kamu lupa pola, PIN atau kata sandi yang kamu gunakan untuk membuka kunci layar? Tidak perlu panik, ada beberapa tips mengatasi lupa password HP yang bisa kamu coba.

Ada beberapa tips mengatasi lupa password HP yang bisa kamu coba untuk membuka HP yang terkunci atau lupa pola dan kata sandi. Namun resikonya, kamu harus mengorbankan seluruh data yang tersimpan di dalamnya.

Simak tips mengatasi lupa password HP berikut ini untuk mengatasi permasalahan lupa pola, PIN, atau kata sandi di berbagai merek HP populer tanpa harus berkunjung ke service center.

BACA JUGA:Berikut 6 Trik Rahasia HP Android yang Mungkin Belum Pernah Anda Coba

 

1. Memanfaatkan Fitur "Lupa Pola"

Cara ini berlaku untuk membuka HP yang lupa pola saja. Biasanya fitur untuk mengatasinya sudah disediakan, kamu tinggal memanfaatkannya saja.

Caranya, masukkanlah pola sembarang berulang kali hingga muncul notifikasi "Lupa Pola". Klik opsi tersebut, lalu masukkan akun Google (username dan password) yang digunakan di HP milikmu. Setelah berhasil, kamu bisa mereset screen lock dan membuat pola atau kata sandi baru.

Namun perlu diingat, solusi ini hanya berlaku untuk HP Android berversi 4.4 atau yang lebih lama. Untuk versi terbaru mungkin tak bisa menggunakan cara ini.

2. Factory Reset Samsung

Bagi pengguna Samsung yang lupa pola, PIN atau kata sandi untuk membuka HP, cara paling ampuh adalah dengan melakukan factory reset atau mengembalikan pengaturan ke mode pabrik.

Resikonya, seluruh data seperti foto, video, kontak, pesan dan lain-lain akan terhapus. Jadi pastikan kamu sudah membackup data tersebut terlebih dahulu.

Untuk melakukan reset, saat layar terkunci tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah hingga muncul logo Samsung. Kemudian tekan Power + Volume Atas hingga masuk Recovery Mode. Pilih menu Wipe Data/Factory Reset dan tekan Yes untuk melanjutkan.

Setelah proses selesai, kamu tinggal merestart HP dan semua pengaturan akan kembali seperti semula. Buat pengaman baru agar tak lupa lagi di lain waktu!

3. Mereset Pola di Xiaomi

Tidak hanya Samsung, solusi ini juga bisa diterapkan untuk membuka HP Xiaomi yang terkunci akibat lupa pola, sandi atau PIN. Bedanya, kamu masih bisa mematikan daya HP sebelum mereset.

Matikan HP Xiaomi, lalu tekan tombol Power + Volume Atas bersamaan hingga muncul logo Mi. Gunakan tombol volume untuk memilih opsi "Wipe Data", lalu tekan Power untuk mengonfirmasi.  

Selanjutnya, pilih "Wipe All Data" dan tekan tombol Power lagi untuk melanjutkan proses reset alias penghapusan total memori internal. Setelah selesai, pilih kembali "Reboot to System" sehingga HP Xiaomimu bisa digunakan dengan pengaturan default pabrik.

BACA JUGA:Kembali seperti Baru, 6 Tips Ini Bisa Mengatasi HP Android Lemot dan Kurang Responsif Jadi Gahar Lagi

4. Reset HP OPPO

Tidak jauh berbeda, cara membuka HP OPPO yang terkunci akibat lupa pola, PIN atau kata sandi juga dilakukan dengan factory reset. Tak perlu khawatir, proses ini cukup mudah dilakukan.

Mulailah dengan mematikan daya HP OPPO milikmu, lalu tekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan. Tunggu hingga masuk menu Recovery Mode, pilihlah bahasa yang digunakan.

Setelah itu klik "Wipe Data" kemudian konfirmasi dengan memilih "Format Data". Tunggulah hingga proses reset selesai, HP OPPO akan melakukan restart dalam keadaan pabrik.

BACA JUGA:7 Trik Rahasia HP Android yang Jarang Diketahui Orang

5. Reset Total HP Vivo

Untuk membuka HP Vivo yang lupa pola atau kata sandi, prosesnya memang cukup rumit dibandingkan cara sebelumnya. Sayangnya, seluruh data juga akan terhapus.

Diawali dengan mematikan daya HP Vivo, kemudian tekan tombol Power dan Volume Atas bersamaan hingga bergetar. Selanjutnya pilih mode Recovery, lalu "Clear Cache" dan kemudian "Restore All Settings".

Opsi berikutnya, pilih "Clear All Data" dan biarkan prosesnya berjalan sampai tuntas. Jika sudah, tekan tombol Back dan pilih Restart agar HP Vivo kembali menyala dalam kondisi default alias seperti baru beli. Sekalian ganti pola atau kata sandi dengan yang mudah diingat!

6. Mengunci Layar dengan Beragam Fitur

Jika kamu kerap lupa pola, PIN atau kata sandi untuk membuka layar HP, maka solusinya adalah memanfaatkan fitur pengaman lain yang umumnya disediakan seperti fingerprint sensor atau face unlock.

Dengan kombinasi beberapa metode pengunci layar, setidaknya kamu masih bisa membuka HP jika salah satu dari metodeny terlupa. Sehingga, tak perlu lagi melakukan reset total yang tentunya menghapus semua data.

Alternatif lain, catat pola atau kata sandinya di tempat yang aman atau backup data secara berkala agar tak terlalu repot jika sewaktu-waktu lupa dan harus reset total.

Nah itulah tips mengatasi lupa password HP sesuai dengan merek HP yang kamu gunakan. Solusi ini bisa kamu praktikan sendiri di rumah tanpa harus berkunjung ke service center. Semoga bermanfaat dan tidak lupa mengunci layar HP kembali setelah berhasil membukanya(*)

Kategori :