Penyebab Pengajuan Pinjol Ditolak dan Solusinya

Rabu 19-06-2024,12:30 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Rochman Gunawan

Maka itu, Anda jangan sampai ada tunggakan di kartu kredit. Jika diketahui nasabah memiliki tunggakan di tagihan kartu kredit bisa saja menjadi alasan penolakan.

3. Sudah Punya Limit Pinjaman

Penyebab pengajuan pinjol ditolak berikutnya, yakni tidak memiliki limit pinjaman. Nasabah harus memiliki limit pinjaman maksimal 80% supaya pengajuan mudah ter-acc.

Contohnya limit yang dimiliki sampai Rp1 juta dan Anda jangan meminjam lebih dari limit tersebut. Jika pinjaman yang diperlukan lebih besar, maka naikkan limit terlebih dahulu.

4. Skor Riwayat Kredit Buruk

Tak hanya di pinjaman perbankan saja, riwayat kredit calon peminjam juga diperlukan saat mengajukan pinjol. Apabila nama Anda tercatat memliki skor kredit yang buruk di SLIK OJK atau BI Checking, kemungkinan mudah ditolak.

Skor kredit buruk disebabkan oleh keterlambatan pembayaran tagihan atau galbay. Sehingga dengan ini, Anda sulit untuk mengajukan pinjaman.

5. Nama Masuk ke Daftar Blacklist BI Checking

Penyebab yang terakhir, yakni nama Anda sudah masuk ke daftar hitam atau blacklist BI checking. Sebelum mengajukan pinjaman sebaiknya cek ke daftar hitam BI checking apakah nama Anda masuk daftar atau tidak.

Itulah beberapa penyebab yang perlu diperhatikan oleh calon peminjam sebelum mengajukan pinjol. Lalu bagaimana solusi untuk mengatasi masalah tersebut? Berikut beberapa solusinya:

  • Ajukan pinjaman tidak melebihi limit
  • Jika punya tagihan di kartu kredit segera dilunasi
  • Memperbaiki skor kredit.

Demikian beberapa penyebab pengajuan pinjol ditolak yang seringkali disepelekan oleh calon peminjam. Semoga bermanfaat.

Kategori :