5 Tips Galbay Pinjol untuk Mahasiswa

Kamis 13-06-2024,13:30 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Rochman Gunawan

BACA JUGA:Tips Galbay Pinjol Legal Resmi OJK, Anti Kunjungan DC Lapangan ke Rumah

Tips galbay untuk mahasiswa dengan cara ketiga ini, cocok dilakukan saat sulit untuk bayar utang. Mengajukan keringanan Anda bisa langsung menghubungi ke pihak penyedia pinjol.

Untuk menghubungi pihak pinjol, Anda bisa menghubungi melalui call center. Nanti diberikan perpanjangan waktu bayar atau pengurangan denda maupun bunga.

Selain itu, keringanan pembayaran hutang pinjol ini bisa diajukan dengan alasan tertentu. Misalnya habis terkena bencana alam, sakit, maupun sejenisnya.

4. Melaporkan ke Instansi Terkait

Berikutnya, Anda bisa melaporkan pinjol ke instansi terkait. Cara ini bisa Anda lakukan apabila pihak pinjol merugikan nasabah karena melakukan tindakan diluar aturan.

Contohnya seperti penagihan hutang yang menggunakan ancaman atau melanggar hukum yang ada. Jika Anda mengalami kejadian seperti ini, maka bisa lapor ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau polisi.

Jangan lupa sertakan bukti-bukti pelanggaran yang dilakukan pihak pinjol agar laporan Anda segera diproses. Dengan ini, nantinya pihak pinjol akan diberikan efek jera sesuai aturan hukum.

5. Jangan Ambil Utang Baru

Cara agar tidak terlilit hutang pinjol tentunya dengan tidak menambah lagi cicilan di tempat lain. Hal ini akan memicu menumpuknya bunga yang harus dibayar.

Belum lagi jika sampai telat bayar yang harus membayar sejumlah denda. Cara ini bukanlah solusi supaya Anda keluar dari jeratan utang di pinjaman online.

Demikian informasi seputar tips galbay untuk mahasiswa yang aman dan efektif untuk menghindari berbagai kerugian. Semoga bermanfaat.

Kategori :