Langsung dari OJK, ini 5 Tips Menghadapai DC Pinjol yang Datang ke Rumah

Jumat 07-06-2024,08:13 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Zuhlifar Arrisandy

BACA JUGA: Cara Mengatasi Teror Telepon DC Lapangan Tanpa Blokir Nomornya

Setiap DC lapangan wajib memiliki identitas resmi seperti surat tugas, surat penagihan, dan dokumen penting lainnya. Apabila kedatangan debt collector ke rumah tidak ada disertai dengan identitas resmi, nasabah berhak menolak kunjungan tersebut.

Tips menghadapi DC pinjol dengan cara ini efektif untuk mengusir kedatangan debt collector lapangan. Pasalnya DC palsu tanpa identitas resmi bisa melakukan tindakan penagihan yang tidak sesuai aturan.

4. Jangan Berikan Informasi Pribadi yang Sensitif

Jika Anda belum bisa bayar dan dimintai informasi pribadi yang sifatnya sensitif, jangan diberikan! DC lapangan hanya berhak meminta informasi seperti nama, alamat, dan melakukan penagihan saja.

Hal ini juga bertujuan supaya data pribadi nasabah tidak disalahgunakan oleh DC lapangan. Apabila DC tetap maksa, nasabah bisa mengancam dengan melaporkannya ke OJK atau lembaga resmi lainnya.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Pinjol Limit Besar Tenor Panjang Resmi OJK Terbaru, Syarat Mudah dan Aman dari Teror DC Lapangan

5. Tolak Penagihan Kasar dan Laporkan

Terakhir, Anda bisa menolak penagihan dengan cara yang melanggar hukum seperti kekerasan, ancaman, dan lainnya. Selain itu, laporkan saja DC lapangan yang melakukan tindakan merugikan saat menagih utang.

Nasabah perlu mendokumentasikan bukti-bukti seperti rekaman video, rekam suara, dan lainnya. Jika sudah laporkan ke layanan pengaduan di laman resmi OJK.

Demikian ulasan tentang tips menghadapi dc pinjol lapangan yang datang ke rumah. Semoga bermanfaat.

Kategori :