5 Cara Minta Keringanan Bayar Pinjol Supaya Bebas Lilitan Utang

Senin 03-06-2024,19:00 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Laela Nurchayati

3. Lakukan Negosiasi dengan Baik

Untuk mendapatkan keringanan dari pinjaman online, Anda bisa melakukan negosiasi dengan pihak pinjol. Lakukan pembicaraan dengan sopan dan sampaikan keringanan kepada penyedia pinjaman.

Jika diperlukan, Anda bisa mengajukan proposal sebagai bentuk sedang mengusahakan untuk melunasi tagihan pinjaman. Dengan ini, kemungkinan pihak pinjol akan memberikan solusi atau keringanan jika benar-benar melihat upaya Anda untuk melunasi hutang.

4. Minta Perpanjang Waktu Cicilan Pinjaman

Cara minta keringanan bayar pinjol berikutnya, yakni meminta perpanjang waktu pembayaran. Cara ini bisa membantu Anda untuk melunasi tagihan yang menunggak dan agar tidak galbay.

Anda bisa mengajukan perpanjang tenor pinjaman atau keringanan suku bunga. Dengan ini, menjadi solusi bagi nasabah galbay supaya utang bisa dicicil dengan mudah.

5. Perhatikan Sejumlah Hak yang Anda Miliki

Pinjol resmi terdaftar OJK mempunyai perlindungan kepada nasabahnya. Karena itu, penting bagi nasabah galbay memahami hak yang dimiliki sebagai konsumen pinjaman.

Pihak pinjol yang legal atau resmi OJK mematuhi regulasi yang sudah ditetapkan. Mulai dari batasan suku bunga dan praktik penagihan hutang kepada nasabah galbay.

Namun, beda halnya dengan pinjol ilegal yang tidak memiliki aturan baik dalam penagihan dan seringkali mengancam nasabah galbay. Jika Anda mengajukan pinjaman di platform ilegal, Anda bisa laporkan kepada pihak berwajib jika adanya tindakan teror dan ancaman yang mereka lakukan.

Demikian beberapa cara minta keringanan bayar pinjol supaya nasabah tidak terlilit jeratan utang yang semakin menumpuk. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :