Cara Efektif Melindungi Data Pribadi Via WhatsApp Agar Data Lebih Aman dan Terjaga

Sabtu 25-05-2024,15:15 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Meski semua obrolan percakapan di WhatsApp terenkripsi dengan aman, pemilik akun tetap wajib menjaga privasi lainnya supaya tidak ada celah untuk pencuri data.

Sebaiknya, membatasi siapa saja yang boleh melihat Status WhatsApp, foto profil WhatsApp hingga status terakhir dilihat atau last seen.

Untuk mengaturnya, pilih Pengaturan > pilih menu Akun > ketuk Privasi. Kemudian kalian bisa memilih opsi yang disesuaikan, di antaranya Everyone, My Contacts atau Nobody.

BACA JUGA:5 Platform Pinjol Cepat Cair Tanpa KTP Terdaftar di OJK 2024, Tak Perlu Takut Penyebaran Data Pribadi

Tips Menghindari Aplikasi Pinjol Ilegal

Meskipun sudah banyak pinjol legal yang tersedia, masih ada banyak masyarakat yang terperangkap dengan pinjol ilegal. Mereka mungkin menganggap bahwa sistemnya diawasi oleh otoritas terkait, padahal kenyataannya operasinya tidak resmi. Berikut tipsnya untuk menghindari pinjol ilegal, antara lain :

  • Meminjam jumlah kecil terlebih dahulu.
  • Rutin memeriksa situs web OJK untuk memastikan status pinjaman online, apakah legal, ilegal, atau bahkan sudah dihentikan operasinya.
  • Menjauhi iklan yang mencolok. 

Demikian beberapa informasi mengenai cara melindungi data pribadi via WhatsApp beserta tips menghindari pinjol ilegal yang perlu kalian ketahui dan waspadai. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :