Mengetahui Apa Saja Tips Penggunaan Gadget Untuk Anak Sekolah

Senin 20-05-2024,16:21 WIB
Reporter : Alfin Ananda
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG -  Tips penggunaan gadget untuk anak-anak di bawah umur telah mahir mengoperasikan gadget untuk menonton video kesayangan atau bermain game favorit

Tips penggunaan gadget kini bukan lagi sekadar alat komunikasi, namun sudah menjadi kebutuhan bagi remaja, bisa merekam momen masa muda mereka, dan menunjukkan kreativitas mereka pada dunia luar. 

Tips penggunaan gadget di era teknologi yang berkembang pesat saat ini, gadget atau gawai menjadi bagian tak terpisahkan bagi masyarakat.

Tips penggunaan gadget ini merupakan kebutuhan terhadap teknologi merupakan salah satu kebutuhan penting saat ini, hal ini disebabkan karena teknologi sangat dibutuhkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia.

BACA JUGA:10 Ponsel Terbaik untuk Mahasiswa, Catat Ya

1.Buat jadwal

Membuat jadwal pemakaian gadget pada anak dapat membantu anak tidak berinteraksi secara berlebihan terhadap benda elektronik satu ini. 

Namun coba untuk mengalihkan perhatian anak dengan mengajak bermain atau melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama-sama, luangkan waktu untuk menemani anak bermain, misalnya bermain peran atau puzzle.

2.Membatasi penggunaan

Malam hari adalah waktu bagi anak untuk belajar dan beristirahat, mereka akan sibuk dengan ponselnya, scrolling media sosial, atau chatting bersama teman selama berjam-jam hingga larut malam.

Jika pada malam hari mereka masih dibiarkan menggunakan gadget, maka dari itu jam tidur yang cukup penting bagi perkembangan otak dan  memulihkan energi agar bisa beraktivitas keesokan harinya.

3.Mengatur anak bermain gadget

Daripada terus menerus melarang, lebih baik membuat aturan dan kesepakatan waktu bermain gadget, anda bisa  melarang anak main game pada hari sekolah dan diperbolehkan hanya pada hari libur.

Ingat semakin lama anak terpapar layar gadget maka semakin berkurang juga daya konsentrasi anak karena mempunyai pengaruh terhadap neurotransmitter otak yaitu dopamine.

4.Jadi contoh yang baik

Oleh karena itu orang tua diharapkan bisa menjadi contoh yang baik untuk mereka, Jika anak sering melihat orangtua atau orang sekitarnya bermain gadget hingga larut malam atau makan sambil main games, bukan tidak mungkin anak akan meniru tindakan ini.

Kategori :