Kwarcab Tegal Ditantang Bangun Kampung Pramuka

Selasa 14-05-2024,08:15 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, SLAWI - Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Tegal mendapat tantangan agar bisa berinovasi membangun kampung pramuka. Tantangan itu dilontarkan oleh Pj Bupati Tegal Agustyarsyah.

"Pesan Pj bupati memang begitu. Yaitu berupa tantangan untuk membuat inovasi baru contohnya adalah kampung Pramuka," kata Ketua Kwarcab Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono, saat Rapat Kerja Cabang (Rakercab).

Rakercab ini dipusatkan di Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Tegal dan dihadiri sedikitnya 70 orang peserta dari kwartir ranting.

BACA JUGA:BKD Jateng Gelar Pembinaan Sistem Merit Manajemen ASN di Kota Tegal

Joko menjelaskan, Rakercab ini merupakan wadah untuk merumuskan program kerja Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Tegal dalam rangka mewujudkan peran Pramuka dalam membentuk karakter anak bangsa. 

Di era globalisasi ini, tantangan dalam membentuk karakter anak bangsa semakin kompleks. 

Perkembangan informasi yang pesat, pergeseran budaya dan pengaruh negatif dari luar dapat menggerus nilai-nilai luhur bangsa. 

"Maka dari itu peran gerakan pramuka ini sangat penting," kata Joko.

BACA JUGA:Kota Tegal Raih Opini WTP 6 Kali secara Beruntun

Dia mengaku sepakat jika membuat inovasi baru, yakni kampung Pramuka. 

Kampung Pramuka ini adalah sebutan untuk sebuah daerah atau kawasan yang melakukan kegiatan atau aktivitas kepramukaan wujud pengejawantahan dari Satya dan Dharma Pramuka. 

"Salah satu tujuan dari Kampung Pramuka ini adalah menumbuhkembangkan dan memperkuat eksistensi Gerakan Pramuka melalui pendidikan karakter dan jiwa kepanduan," kata Joko. 

Dia menjelaskan, setiap Kampung Pramuka setidaknya memiliki Sekretariat, yaitu tim yang ditetapkan oleh Ketua Kwarda/Ketua Kwarcab dan bertugas mengkoordinasikan pengadministrasian pelaksanaan dan verifikasi Kampung Pramuka.

BACA JUGA:Halal bi Halal Menjadi Jembatan Silaturahmi di Kabupaten Pemalang

Untuk melakukan pendataan permasalahan sosial yang terjadi di wilayah rintisan Kampung Pramuka dapat melihat dari bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya dan atau lingkungan.

Kategori :