7 Cara Mengatasi Bibir Kering

Kamis 14-03-2024,16:00 WIB
Reporter : Zahra Marsa Nabila
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG -  7 Cara Mengatasi Bibir Kering, Wajib Kamu Coba! Bibir kering dan pecah-pecah merupakan masalah yang membuat tak nyaman. Bukan hanya menganggu saat makan dapat menganggu penampilan juga.

Bibir yang lembab dan   segar menjadi keinginan semua orang, karena akan membuat lebih percaya diri. Cara mengatasi bibir kering merupakan hal yang banyak dicari bagi yang sedang mengalami bibir kering.

Cara mengatasi bibir kering tentunya mudah, namun dalam prosesnya tidak bisa dilakukan secara instan. Dalam prosenya juga dilarang untuk mengelupasnya saat dirasa kering maupun dengan menggigitnya.

Cuaca yang panas, kurangnya hidrasi pada tubuh menjadi permasalahan tertutama saat menjalankan ibadah puasa. Cara mengatasi bibir kering ini dapat digunakan ketika bibir kering saat puasa.

BACA JUGA : Memiliki Bibir Kering? Coba Manfaat Air Mawar dan Berikut Cara Membuatnya!

Cara mengatasi bibir kering berikut ini dapat kamu coba terutama saat menjalankan ibadah puasa:

1. Hindari menjilat dan menggigit bibir

Cara mengatasi bibir kering yang pertama adalah dengan menghindari menjilat dan menggigit bibir. Walaupun saat bibir kering tentunya merasa tidak nyaman dan tentunya bibir kering ingin diatasi.

Namun dengan menjilat bibir akan membuat bibir menjadi semakin kering dan semakin membuat bibir menjadi kering. Disebabkan kandungan enzim pada air liur yang dapat membuat bibir semakin kering.

Dengan menggigit bibir juga tidak akan menghilangkan bibir kering, apalagi jika bibir malah menjadi berdarah. Tentunya ini menjadi tidak nyaman baik bagi penampilan maupun untuk makan.

2. Jangan menarik kulit bibir

Cara mengatasi bibir kering lainnya dengan tidak menarik kulit bibir yang kering. Apalagi ketika bibir yang kering sudah mulai mengelupas tentu akan menyebabkan bibir menjadi berdarah.

Tentu dengan bibir yang berdarah dapat menyebabkan bibir kering kembali muncul belum lagi rasa tidak nyaman ketika bibir berdarah. Walaupun ketika akan mengelupas akan menganggu sebaiknya jangan ditarik agar lebih aman.

3. Hindari minuman asam

Saat mengalami bibir kering usahakan hindari minuman yang asam, karena akan membuat bibir menjadi semakin iritasi. Bukan hanya itu, bibir kering akan menjadi sakit bahkan pecah-pecah.

Apalagi ketika bibir kering sudah terkelupas, akan menjadi semakin perih, memerah bahkan menjadi nyeri. Dengan menghindari minuman asam beberapa waktu dan setelah membaik bisa digunakan lagi.

4. Mengoleskan minyak kelapa

Cara mengatasi bibir kering berikutnya yang dapat kamu lakukan dengan mengoleskan minyak kelapa. Karena penggunaannya dapat menjaga kelembapan bibir yang akan membuatnya tidak kering lagi.

Ini disebabkan adanya kandungan anti bakteri dan anti inflamasi yang dapat mengatasi bibir kering. Dengan mengoleskan minyak kelapa pada bibir secara teratur akan membuat bibir menjadi lembap.

BACA JUGA : 5 Manfaat Air Mawar untuk Bibir Kering dan Cara Menggunakannya

5. Menggunakan madu

Madu yang merupakan hasil dari lebah yang memiliki rasa manis ini memiliki banyak manfaat, salah satunya mengatasi bibir kering. Dengan tekstur yang kental dan warna tidak mencolok dapat digunakan pada bibir.

Kamu hanya perlu mengoleskan madu ke bibir lakukan secara berkala atau hingga bibir tidak kering lagi. Madu dapat melindungi bibir dari infeksi bahkan dapat melembapkan bibir yang kering.

6. Menggunakan timun

Timun mengandung vitamin C sehingga dapat membuat bibir menjadi lebih lembap. Hanya dengan mengiris timun dan menempelkan air yang dihasilkan ke bibir gunakan secara berkala agar bibir menjadi lebih lembap.

7. Menggunakan pelembap bibir

Cara terakhir yang dapat dilakukan dengan menggunakan pelembap bibir baik saat tidak menggunakan atau menggunakan lipstik. Ini sangat membantu terutama saat puasa sehingga tidak perlu khawatir terjilat.

BACA JUGA : Cara Mudah Mengatasi Bibir Kering dengan Bahan-Bahan Alami

Cara mengatasi bibir kering berikut dapat mengatasi permasalahan tersebut namun jika penggunaannya teratur dan benar. Ingat, ketika bibir kering maupun pecah-pecah jangan di kelupas atau digigit. (*)

Kategori :