6 Cara Amankan Data Pribadi di Aplikasi Pinjol Ilegal Jika Terlanjur Terdaftar

Minggu 10-03-2024,17:20 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Berikut cara amankan data pribadi di aplikasi pinjol ilegal. Simak langkah-langkah berikut ini supaya tidak ada risiko kerugian seperti penyalahgunaan data.

Cara amankan data pribadi di pinjaman online sangat penting dilakukan untuk melindungi privasi Anda. Pasalnya, saat ini banyak kasus penyalahgunaan data dari oknum tak bertanggung jawab.

Bahkan data pribadi Anda yang di pinjol ilegal bisa digunakan untuk meretas akun bank, mengambil pinjaman, dan lainnya. Karena itu, penting untuk mengetahui cara amankan data pribadi di aplikasi pinjol ilegal.

Bagi Anda yang sudah terlanjur menggunakan pinjaman online ilegal, sebaiknya simak informasi lengkapnya di bawah ini. Berikut beberapa cara amankan data pribadi di aplikasi pinjol ilegal yang efektif untuk dicoba.

BACA JUGA:Cara Menghapus Data KTP di Pinjol lewat Ponsel, Cuma Pakai 7 Cara ini Dijamin Efektif

Cara Mengamankan Data Pribadi di Aplikasi Pinjol Ilegal

1. Hapus Aplikasi Pinjol Ilegal

Cara amankan data pribadi di platfrom pinjaman online ilegal, yakni dengan menghapus aplikasi di perangkat Anda. Pastikan hapus semua data di jejak aplikasi, termasuk file yang informasi pribadi.

Dengan ini, dapat membantu pihak pinjol ilegal mengakses data pribadi Anda. Selain itu langkah ini efektif supaya tidak ada penawaran pinjaman di aplikasi pinjol tersebut. 

2. Ganti Kata Sandi

Jika langkah awal sudah dilakukan, segera uban semua kata sandi akun penting yang dimiliki. Seperti akun perbankan, email, media sosial, dan aplikasi penting lainnya.

Pastikan untuk membuat kata sandi yang kuat dan unik untuk setiap akun. Usahakan juga jangan gunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun.

BACA JUGA:5 Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar Sepeser Pun, Auto Lepas dari Beban Tagihan

3. Monitor Aktivitas Akun

Cara amankan data pribadi di pinjol berikutnya, yakni dengan monitor aktivitas akun. Langkah ini memungkinkan Anda mencari tahu apabila ada aktivitas yang mencurigakan.

Kategori :