Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar Anti Galbay, Begini 4 Langkah Cerdasnya

Senin 04-03-2024,00:00 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Zuhlifar Arrisandy

Tidak melunasi tagihan atau gagal bayar di pinjol legal hanya akan menimbulkan berbagai macam kerugian. Beberapa kerugian tersebut seperti masuk ke SLIK OJK, diteror DC lapangan, dan penumpukan utang.

Sedangkan, jika platfrom yang digunakan ilegal maka tidak perlu dibayar. Cara melunasi utang pinjol anti galbay di platfrom ilegal harus disertai laporan ke pihak berwajib kepada OJK.

BACA JUGA: 7 Cara Melunasi Utang Pinjol agar Tidak Membengkak dan Cepat Lunas Terbaru 2024

Jika laporan tersebut terbukti benar ilegal, maka nasabah tidak perlu membayar utang. Selain itu, utang tersebut bisa hangus tanpa bayar bunga dan biaya lainnya.

3. Jangan Ajukan Pinjaman Lagi

Supaya nasabah tidak dibebani oleh tagihan pinjaman yang menumpuk, sebaiknya jangan ajukan pinjaman lagi. Mengambil pinjaman baru untuk menutup utang yang lama hanya akan menimbulkan risiko kerugian finansial.

Maka dari itu, cobalah untuk menghindari mengambil utang baru sebelum hutang lainnya terlunasi. Sehingga Anda tidak semakin terjerat dalam utang yang nantinya sulit dilunasi.

4. Negosiasi dengan Penyedia Pinjol

Apabila belum bisa melunasi tagihan utang, Anda dapat melakukan negosiasi dengan penyedia pinjol. Keringanan tersebut bisa mengurangi bunga atau perpanjangan jangka waktu pelunasan.

BACA JUGA: Begini 5 Cara Aman Utang Pinjol Supaya Lepas dari Kejaran DC Lapangan, Nomor 3 Jangan Sampai Diabaikan

Itulah beberapa langkah cerdas yang dapat Anda coba supaya tidak berlama-lama terjerat pinjaman online. Demikian informasi seputar cara melunasi utang pinjol tanpa bayar anti galbay. (*)

Kategori :