4 Cara Mudah Berhemat Uang, Tak Mudah Terjerat Pinjol dan Utang Auto Lunas

Senin 26-02-2024,05:45 WIB
Reporter : Zahra Marsa Nabila
Editor : Zuhlifar Arrisandy

DISWAY JATENG -  4 cara mudah berhemat uang, utang pun auto lunas. Pinjaman merupakan salah satu solusi yang dilakukan saat membutuhkan dana tunai. Baik mengajuakan pada perbankan, pinjaman online maupun koperasi.

Namun nasabah sering kesulitan saat melakukan pembayaran pinjaman yang dilakukan yang menyebabkan utang yang menumpuk. Dengan cara mudah berhemat uang, tentunya nasabah dapat melunasi utangnya.

Cara mudah berhemat uang tentu mempercepat pelunasan pinjaman yang tak kunjung dilunasi oleh nasabah. Cara ini tentunya tidak langsung berhasil karena pasti melalui banyak proses agar uang terkumpul dan utang lunas.

Dengan melakukannya dengan sabar dan niat tentunya uang untuk membayar utang dapat terkumpul. Dengan melakukan cara mudah berhemat uang ini tentunya berguna untuk menambah tabungan Anda pula.

BACA JUGA: Cara Mengatur Keuangan, Dijamin Tabungan Bertambah!

Berikut cara mudah berhemat uang dan utang auto lunas

1. Hitung Pendapatan

Cara mudah berhemat yang mudah dan dapat Anda lakukan pertama kali adalah menghitung pendapatan. Terlebih jika sedang terlilit utang di banyak lembaga keuangan tentunya harus membuatnya.

Dengan menghitung pendapatkan maka akan mengetahui berapa jumlah uang yang perlu disimpan maupun disisihkan. Yang akan membuat keuangan lebih terkendali berapa jumlah dan keperluannya.

Ketika utang yang Anda miliki cukup banyak, bisa dengan mencari penghasilan tambahan untuk menambah pendapatan. Bisa dengan berjualan maupun dengan mencari pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan.

Dengan mencari pendapatan tambahan utang yang dimiliki sedikit demi sedikit akan terlunasi sepenuhnya. Dan Anda tidak perlu memikirkannya terlebih setelah melakukan pelunasan utang.

BACA JUGA: Trik Lepas dari Utang Pinjol Tanpa Membayar, Lakukan 7 Langkah Cerdas Ini

2. Buat Daftar Pengeluaran

Cara yang dilakukan berikutnya pasti membuat utang yang dimiliki auto lunas yakni dengan membuat daftar pengeluaran. Adanya daftar maupun catatan keuangan yang jelas tentang pengeluaran menjadi sangat penting.

Terlebih ketika sedang terlilit utang, dengan membuat daftar keuangan akan membuat uang yang dimiliki jelas jumlahnya. Baik digunakan untuk keperluan apa saja maupun keinginan apa saja.

Sehingga ketika hendak melakukan pembayaran utang namun uang belum cukup akan jelas karena ada daftar pengeluaran. Dan dapat diperkirakan pengeluaran apa saja yang membuat uang menipis.

Maka dengan pembuatan daftar pengeluaran Anda dapat menentukan pengeluaran apa yang sebaiknya tidak dilakukan dahulu. Mana yang wajib untuk dilakukan, sehingga uang dapat terkontrol dengan baik.

BACA JUGA: Tips Mengatur Keuangan ala Mahasiswa

Dengan adanya daftar ini juga dapat memperkirakan pembayaran utang yang harus dilakukan. Mulai dari bunga, biaya keterlambatan dan sebagainya agar keduanya tidak menjadi beban finansial.

3. Kenali Kebutuhan dan Keinginan

Kebutuhan dan keinginan sering kali di salah artikan padahal keduanya penting dalam cara mudah berhemat. Banyak orang yang sering mengabaikan hal ini dan dianggap hal sepele.

Padahal keduanya sangat berbeda, antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan merupakan sesuatu yang wajib beli jika tidak tentunya akan menjadi kesulitan dikemudian hari.

Sedangkan keinginan merupakan sesuatu yang tidak terjadi apa-apa ketika tidak melakukan pembeliannya. Karena keinginan hanya untuk kepuasan jika tidak dibeli atau dilakukan tidak berakibat buruk.

Ini merupakan hal yang wajib dikendalikan terutama yang ingin melunasi utang. Tunda dahulu keinginan untuk melunasi utang, setelah utang terlunasi maka dapat mengikuti keinginan tanpa adanya beban finansial.

BACA JUGA: Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar Bunga, Lakukan Langkah Cerdas Berikut Ini

4. Tentukan Prioritas Keuangan

Yang terakhir yakni menentukan prioritas keuangan, ini bertujuan untuk lebih selektif terhadap apa yang dibeli. Mana kebutuhan mana keinginan, mana pula kebutuhan yang urgent maupun tidak.

Dengan menentukan hal ini dapat membuat keuangan Anda menjadi lebih hemat. Karena pengeluaran hanya untuk hal yang urgen saja dan menunda lainnya untuk melunasi utang yang dimiliki.

Berikut merupakan cara mudah berhemat uang yang dapat Anda lakukan terutama yang telilit utang pinjaman. Dengan menerapkan beberapa cara diatas utang auto lunas namun harus dilakukan secara berkala.  (*)

Kategori :