Cara Merawat Kulit Wajah Agar Tetap Cerah dan Bebas Jerawat. Simak 6 Tips Sederhananya!

Jumat 26-01-2024,16:15 WIB
Reporter : Asyifa Suryani
Editor : Rochman Gunawan

Salah satu cara paling sederhana untuk merawat kulit Kamu adalah dengan membersihkan wajah secara teratur.

BACA JUGA:Tips Merawat Kulit Wajah, Kenali 5 Jenis Sabun Pembersih Wajah yang Cocok Untuk Setiap Jenis Kulit

Untuk menjaga kebersihan wajah, wajah harus dicuci dua kali sehari - di pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Tujuan mencuci wajah di pagi hari adalah untuk menghilangkan kotoran dan bakteri dari wajah saat Kamu tidur. Sebelum tidur, wajah perlu dibersihkan dari make-up, debu dan kotoran dari aktivitas di luar.

Jika perlu, wajah juga harus dibersihkan setelah beraktivitas yang mengeluarkan banyak keringat, seperti setelah berolahraga.

Hal ini dikarenakan keringat dan sebum berlebih dapat menyumbat pori-pori di wajah dan memicu timbulnya komedo dan jerawat.

3. Bagaimana cara mencuci wajah yang benar?

Selain perawatan rutin, Kamu juga perlu mencuci wajah dengan benar. Pertama, basuhlah wajah Kamu dengan air hangat.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Untuk Kamu yang Memiliki Pori-pori Besar Hingga Flek Hitam

Kemudian, gunakan pencuci muka dan pijat wajah dengan lembut menggunakan ujung jari dengan gerakan melingkar. Kemudian bilas wajah Kamu dengan air dan keringkan dengan handuk bersih.

4. Gunakan pelembab.

Pelembab adalah bagian penting lainnya dari perawatan kulit wajah. Pelembab harus digunakan setelah membersihkan wajah. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembaban alami kulit wajah.

Namun, pelembab harus dipilih sesuai dengan jenis kulit. Jika Kamu memiliki kulit berjerawat dan berminyak, pilihlah pelembab yang berbahan dasar air dan bebas minyak.

Pelembab yang baik biasanya mengandung bahan-bahan yang dapat mengembalikan struktur dan kelembapan alami kulit, menjaga keseimbangan pH kulit, mengurangi efek radikal bebas, serta memperbaiki sel dan jaringan kulit yang rusak. Pelembab kulit yang efektif termasuk gliserol, ceramide, dan niacinamide.

Pelembab yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti alpukat, minyak kelapa, dan minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai pelembab kulit alami.

5. Gunakan tabir surya.

Kategori :