Tak Perlu Sulam Bibir, Begini Cara Mengatasi Bibir Hitam dengan Bahan-bahan Alami

Senin 15-01-2024,05:50 WIB
Reporter : Siti Aminah
Editor : Zuhlifar Arrisandy

DISWAY JATENG - Setiap wanita mendambakan bibir sehat dan merah alami. Bibir yang hitam membuat tingkat kepercayaan diri menjadi menurun dan menganggu penampilan pada wajah. Maka dari itu, cara mengatasi bibir hitam perlu diketahui.

Salah satu penyebab bibir gampang menghitam karena hiperpigmentasi, biasanya kelebihan melanin pada kulit bibir. Penyebab lainya bisa karena faktor genetik, gaya hidup juga mempengaruhi kesehatan bibir, merokok, kurangnya hidrasi, paparan sinar matahari yang berlebih, kehamilan, dan mengonsumsi kafein terlalu banyak.

Penyebab bibir hitam dapat kamu atasi dengan perubahan gaya hidup, seperti memakai tabir surya, membatasi asupan kafein, berhenti merokok atau mengganti merk pasta gigi atau lipstik.

Kulit pada bibir tiga kali lebih sensitif dari kulit wajah. Karena itu, bibir membutuhkan perawatan yang tepat. Salah satu cara mengatasi bibir hitam adalah dengan menggunakan bahan alami. Berikut uraiannya :

BACA JUGA: Selain Menggunakan Madu, Ini 6 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah Secara Alami

Cara Mengatasi Bibir Hitam dengan Menggunakan Bahan Alami

1. Gula

Cara mengatasi bibir hitam secara alami yang pertama dengan menggunakan gula. Gula termasuk bahan alami yang dapat kamu temukan dengan mudah. Gula yang dijadikan scrub bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati pada bibir.

Tekstur gula yang kasar dapat menyingkirkan sel kulit mati. Penggunaan scrub bibir alami dapat merangsang produksi kolagen sekaligus memperlambat proses penuaan kulit bibir sehingga bibir dapat terlihat lebih sehat dan cerah.

Cara menggunakan gula dan madu sebagai scrub yaitu :

  • Campurkan 1 sendok teh gula dan madu
  • Gosokkan ke bibir secara lembut hingga merata selama 1 menit
  • Bilas dengan menggunakan air
  • Lakukan 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal
  • 2. Jeruk nipis

    Jeruk nipis diyakini mampu mencerahkan bibir yang menghitam. Kandungan vitamin C, flavonoid, dan antioksidan didalam jeruk nipis dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati sehingga memicu pertumbuhan sel kulit baru yang sehat dan cerah merona.

    BACA JUGA: Ini Dia 5 Cara Mengatasi Bibir Hitam Secara Alami

    Saat menggunakan jeruk nipis, pastikan kondisi bibir tidak dalam keadaan pecah-pecah atau kering. Karena akan memperburuk kondisi bibir dan pastinya rasa perih pada bibir.

    Cara mengatasi bibir hitam dengan menggunakan jeruk nipis yaitu :

  • Peras jeruk nipis terlebih dahulu
  • Oleskan ke area bibir secara merata
  • Diamkan selama 15 menit
  • Bilas bibir menggunakan air bersih
  • Kategori :