8 Tips Mudah Menghilangkan Mata Panda di Rumah

Senin 15-01-2024,05:00 WIB
Reporter : Fatimah Ainun Azzahra
Editor : Zuhlifar Arrisandy

DISWAY JATENG-   Mata panda seringkali membuat tidak percaya diri terutama bagi kaum haw.  Mata panda adalah istilah untuk menunjukkan munculnya lingkaran hitam di kulit sekitar mata. Biasanya muncul disertai mata bengkak atau sembab. Umumnya mata panda tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara.

Mata panda bisa terjadi pada siapapun, baik wanita maupun pria. Menggunakan make up atau concealer menjadi pilihan untuk menutupi mata panda, namun hanya untuk menyamarkan tidak untuk menghilangkan mata panda.

Mata panda dapat disebbakan oleh proses penuaan. Tubuh akan mengalami penipisan kulit serta berkurangnya jaringan lemak dan kolagen seiring bertambahnya usia. Hal ini membuat pembuluh darah di bawah mata menonjol, sehingga warna kulit menjadi lebih gelap.

Tak hanya itu, mata panda juga dapat di sebabkan karena kurang tidur atau kelelahan. Selain itu, mata manda juga disebabkan oleh dehidrasi, faktor genetik, alergi, terlalu lama melihat gawai, rokok, dan konsumsi alkohol berlebih.

BACA JUGA: Mau Glowing Ala Korea? Cek Manfaat Air Putih untuk Kecantikan Wajah

Namun Anda tak perlu khawatir, ada beberapa cara menghilangkan mata panda yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Salah satu penyebab mata panda adalah dehidrasi. Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi bisa membuat mata panda semakin terlihat jelas dan lesu. Oleh karena itu, Mengonsumsi air putih 8 gelas setiap hari sangat disarankan agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.

2. Menggunakan minyak almond atau gel lidah buaya

Minyak almond atau lidah buaya bermanfaat untuk menghilangkan mata panda dengan cara mengoleskannya pada bagian bawah mata.

Menurut penelitian, bahan-bahan tersebut mengandung antioksidan dan antiradang yang dapat mengurangi warna gelap dan pembengkakkan pada mata. Juga dapat melembapkan kulit area mata sehingga mata terlihat lebih cerah.

3. Mengompres dengan Teh Celup

Teh hitam atau teh hijau mengandung antioksidan dan kafein yang bermanfaat memperbaiki sirkulasi darah dan mencerahkan kulit. Anda bisa menggunakan cara ini dengan mengompres mata selama 15-20 menit dengan teh basah yanag sudah didinginkan dalam kulkas.

BACA JUGA: 3 Cara Memutihkan Wajah dengan Masker Buah, Gunakan Kontinyu untuk Kecantikan Paripurna

4. Menggunakan krim mata

Kategori :