Inilah Manfaat Hutang Jangka Panjang untuk Bisnis dan Kenali Risikonya yang Harus Kamu Tahu

Senin 01-01-2024,16:27 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Endang Wulandari

1. Bunga lebih kecil

Hutang dengan jenis obligasi maupun hipotek memiliki tingkat suku bunga yang lebih rendah dibanding jenis utang lainnya. Selain itu bunga obligasi juga lebih rendah dibandingkan dengan biaya dividen yang perlu dibayarkan perusahaan kepada pemegang saham.

2. Arus kas terencana dengan baik

Dikarenakan hutang jangka panjang memiliki bunga pinjaman yang bersifat tetap, perusahaan dapat lebih mudah melakukan perencanaan secara terstruktur dalam mengatur perhitungan pasti untuk melunasi pinjaman.

BACA JUGA:Jangan Panik! Inilah 8 Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama Menumpuk, Mudah dan Efektif

3. Aset tetap bisa digunakan

Jika kalian mengambil hutang hipotek, maka perusahaan tetap bisa menggunakan aset yang menjadi jaminan untuk operasional bisnis. Pemberi hutang berhak untuk menyimpan jaminan selama jangka waktu berhutang, namun tidak dapat melakukan intervensi terhadap urusan internal perusahaan. Hal ini menjadi salah satu keuntungan karena mereka bisa mengajukan jaminan dan tetap dapat menggunakan aset tersebut untuk mendukung bisnis.

Namun walaupun perusahaan dapat memanfatkan aset yang dijaminkan, aset tersebut tidak boleh berubah, berkurang kapasitas, serta tidak berkurang nilainya karena penggunaan.

4. Mengurangi Pajak

Keuntungan lainnya dapat mengurangi jumlah pajak yang perlu dibayarkan oleh perusahaan. Hal ini terjadi karena dengan berhutang membuat setiap tahunnya perusahaan memiliki tanggungan bunga pinjaman yang harus dibayarkan. Hal ini yang menyebabkan laba perusahaan menurun dan kemudian berdampak pada berkurangnya jumlah pajak yang perlu dibayar.

5. Pemberi Hutang tidak dapat intervensi operasional perusahaan

Pemberi hutang yang dapat menyimpan aset yang dijaminkan selama jangka waktu pinjaman, namun mereka tidak memiliki hak suara maupun otoritas dalam kebijakan dan operasional perusahaan.

 

Demikian beberapa informasi mengenai risiko dan manfaat hutang jangka panjang dengan jenisnya yang harus kalian pahami dan ketahui. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :