10 Cara Efektif Melindungi Data Pribadi di Era Digital, Agar Tidak Disalahgunakan

Rabu 06-12-2023,19:10 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Endang Wulandari

DISWAY JATENG - Menjaga kerahasiaan data pribadi saat menggunakan layanan pinjaman online (Pinjol) menjadi krusial di tengah popularitasnya yang terus meningkat di Indonesia.

Meskipun kemudahan yang ditawarkan oleh pinjol sangat dihargai, tidak dapat diabaikan bahwa risiko kebocoran informasi pribadi juga ikut meningkat.

Pinjol ilegal biasanya mencuri data pribadi dengan cara menanamkan fitur-fitur semacam spyware pada aplikasi yang dipasang oleh pengguna di perangkatnya. Fitur-fitur mirip spyware, seperti muncul dalam bentuk permintaan izin akses SMS, WhatsApp, lokasi dan juga kamera smartphone. Sehingga terjadi kebocoran data yang bisa merugikan pemiliknya.

Kebocoran tersebut bisa dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan berbagai tindakan merugikan, mulai dari penipuan hingga aktivitas kriminal serius. Karena itu, mengetahui cara efektif untuk melindungi data pribadi kita dari penyebaran yang tidak diinginkan oleh pinjol menjadi suatu hal yang sangat penting.

Lantas bagaimana caranya agar data pribadi kita tidak bocor? Bagaimana agar kita bisa melakukan transaksi peminjaman uang di pinjol secara aman tanpa khawatir pihak lain akan menyebar data pribadi kita?

BACA JUGA:6 Aplikasi Pinjol Ilegal yang Perlu Diwaspadai agar Tidak Terjadi Penipuan Data Pribadi!

Berikut Cara yang Dapat Diambil untuk Memastikan Keamanan Informasi Data Pribadi :

1. Jangan Membagikan Informasi yang Tidak Diperlukan

Penting untuk berhati-hati dalam memberikan informasi pribadi. Hindari memberikan data yang tidak diperlukan untuk proses pinjaman dan hanya berikan informasi yang relevan dengan transaksi yang sedang kalian lakukan. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko potensial terkait penyalahgunaan informasi.

2. Aktifkan Otentikasi Dua Faktor (2FA)

Tingkatkan lapisan keamanan akun kalian dengan mengaktifkan otentikasi dua faktor (2FA). Dengan cara ini, setiap upaya masuk akan memerlukan langkah keamanan tambahan, seperti kode yang dikirim melalui pesan teks atau aplikasi otentikasi.

3. Periksa Kebijakan Privasi

Sebelum mengambil langkah lebih lanjut, teliti dengan seksama kebijakan privasi dari pinjol tersebut. Pastikan untuk memahami dengan jelas bagaimana data pribadi kalian akan dihimpun, diolah, dan dilindungi oleh platform tersebut. Kebijakan privasi yang transparan adalah indikasi penting bahwa layanan tersebut berkomitmen untuk melindungi privasi pelanggan.

4. Jangan Menginstal Aplikasi-Aplikasi yang Tidak Resmi

Hindari menginstal aplikasi pinjol dari sumber yang tidak resmi atau tidak terpercaya. Aplikasi yang diunduh dari luar platform resmi rentan terhadap perangkat lunak berbahaya atau malware yang dapat membahayakan keamanan data pribadi kalian. Jadi pastikan untuk mendownload aplikasi hanya dari toko aplikasi resmi seperti Google Play Store atau Apple App Store.

Kategori :