Wisata Sejarah Candi Umbul Magelang, Pemandian Air Hangat Peninggalan Mataram Kuno

Jumat 17-11-2023,17:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Endang Wulandari

1. Dua Kolam Pemandian yang Bersejarah

Daya tarik dari Candi ini adalah mata air panas dan 2 kolam pemandiannya yang penuh sejarah. Bagi pengunjung yang berendam di dalam kolam, ini akan merasakan sensasi mandi atau berendam di dalam kolam ala kaum bangsawan di abad ke-8.

Air panas di kolam tersebut bersumber dari 2 mata air. Di sisi kolam terdapat beberapa arca yang bersejarah dan bebatuan yang berasal dari Candi.

2. Destinasi Wisata Keluarga

Pasca penataan, objek wisata ini menjadi lebih nyaman untuk keluarga. Ada beberapa spot untuk menikmati keindahan alam.

Selain itu ada beberapa area yang menarik, yaitu jalur trekking yang nyaman dan berhiaskan lampu, gasebo besar dan kecil untuk tempat bersantai. Hingga landmark dan spot foto selfie yang sayang untuk dilewatkan.

Lokasi: Jalan Candi Umbul, Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Jam operasional : setiap hari pukul 06.00-17.00 WIB

Harga tiket Weekdays Dewasa Rp.6.000 dan Anak Rp.5.000, Weekend Dewasa Rp.7.000 dan anak Rp.6.000.

Rute menuju candi umbul

BACA JUGA:Wisata Sejarah, Mitos dan Keunikan Candi Gedong Songo, Candi Nomor 9 Penuh Misteri!

Untuk mencapai objek wisata Candi Umbul cukup mudah, hanya 10 menit dari pasar Grabag dan dekat dengan jalan utama Magelang-Semarang. Bila wisatawan dari arah Semarang, dapat mengambil jalan kekiri sebelum Pringsurat, Temanggung. Selanjutnya hanya mengikuti papan petunjuk di sepanjang jalan menuju arah Candi  Kurang lebih 400-600 meter sampai di wisata Candi tersebut.

Jika wisatawan atau pengunjung dari arah Magelang atau Yogyakarta, sepanjang jalan utama Magelang-Semarang bisa mengambil jalan ke kanan di pertigaan ke arah Grabag. Setelah itu bisa mengikuti papan petunjuk menuju arah Candi. Tidak sampai 10 menit, pengunjung sudah tiba di pemandian air hangat Candi Umbul.

 

Itulah beberapa informasi mengenai wisata Candi Umbul yang perlu kalian kunjungi bersama keluarga. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :