Ini Dia kandungan Nutrisi dan 5 Manfaat Pohon Pisang untuk Kesehatan

Rabu 30-08-2023,17:14 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan pohon asing, hal tersebut karena sering kita jumpai di pekarangan maupun dikebun-kebun.

Akan tetapi ternyata bukan hanya buah saja yang bermanfaat untuk kesehatan, pohon pisang ternyata mempunyai peranan yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Dimana mulai dari daun hingga buah bahkan ada banyak sekali manfaat pohon pisang untuk kesehatan, yakni seperti misalnya buah yang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan sedangkan hingga daun pisang yang mampu menjaga kualitas makanan.

Bahakan makan beralaskan daun pisang kini sudah tidak aneh lagi, dan banyak restoran yang menawarkan pengalaman makan menggunakan daun pisang. Dimana hal ini sebagai alas karena memang daun pisang memiliki manfaat untuk kesehatan.

Sedangkan selain itu dimana bagian lain dari pohon pisang yakni seperti jantung pisang juga memiliki kandungan yang bisa bermanfaat untuk kesehatan.

BACA JUGA:Jarang diketahui! 8 Zat dalam Buah Nipah Dapat Menyebabkan Stres

Kandungan Nutrisi dalam Pohon Pisang

Hal itu dimana pisang menjadi salah satu jenis buah yang mudah ditemukan, bahkan memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Sedangkan Buah ini kaya akan serat dan antioksidan, dan selain itu buah pisang mengandung protein, vitamin B6, karbohidrat, vitamin C, folat, tembaga, potasium hingga magnesium di dalamnya yang mampu memenuhi kebutuhan tubuh.

Bahkan selain buahnya ternyata daun pisang juga memiliki kandungan antioksidan yakni seperti polifenol yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung maupun pencernaan.

Sedangkan lapisan luar daun pisang juga memiliki sifat anti bakteri, hal tersebut yang bisa mencegah paparan bakteri atau kuman pada makanan yang ada pada daun pisang.

Pada bagian dalam 100 gram jantung pisang juga terdapat 4 gram karbohidrat, 1,5 gram protein hingga 23 kalori. Bahkan selain itu jantung pisang juga mengandung serat, kalsium, zat besi, zinc hingga tembaga yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut 6 manfaat pohon pisang untuk kesehatan, yakni antara lain:

Dapat Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Adanya potasium menjadi kandungan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal, bahkan dengan mengonsumsi buah pisang maka kebutuhan potasium bisa terpenuhi dengan baik sehingga kesehatan ginjal semakin meningkat.

Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol

Kategori :