Ini Dia 5 Manfaat Kesehatan dan Efek Samping Ketika Mengonsumsi Buah Kesemek

Sabtu 26-08-2023,18:48 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

Bahkan selain itu kandungan vitamin C dan E dalam buah kesemek juga melindungi mata dari kerusakan oksidatif.

BACA JUGA:5 Manfaat Anggur Hijau, No 2 Banyak dicari Orang

Bisa Mencegah Kanker Usus Besar

Buah-buahan dalam kategori oranye dan kuning dimana terbukti mengurangi tingkat kanker usus besar pada wanita. Hal itu karena kandungan beta karoten dipercaya dapat membantu mengendalikan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Bahkan meskipun begitu masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat buah-buahan tersebut. Sedangkan buah kesemek juga sumber serat yang baik dan penting untuk pencernaan yang baik serta pembuangan racun dari tubuh secara teratur.

Mampu Mendukung Kesehatan Otak

Buah kesemek mengandung kandungan senyawa alami yang disebut fisetin, dimana antioksidan dengan beberapa manfaat otak. Sedangkan fisetin dapat meningkatkan memori jangka panjang, mencegah disfungsi saraf dan melindungi terhadap penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia.

Bahkan fisetin juga dapat ditemukan dalam apel, stroberi dan akar teratai. Dimana senyawa tersebut diketahui dapat mengurangi kerusakan otak yang disebabkan oleh stroke iskemik.

Efek samping terlalu banyak makan kesemek, antara lain:

Reaksi Alergi

Meski jarang menimbulkan reaksi alergi, akan tetapi hal ini mungkin saja terjadi pada sebagian orang. Dimana efek alergi akibat buah kesemek biasanya bersifat ringan yakni seperti sakit perut atau mual.

Namun ada dalam beberapa kasus alergi akibat buah kesemek juga dapat menyebabkan syok anafilaksis.

BACA JUGA:CATAT! Ini Dia 5 Manfaat Buah Sawo yang Jarang diketahui Banyak Orang

Bezoars

Untuk efek samping selanjutnya yakni jika menelan buah kesemek dalam jumlah banyak, maka dapat menyebabkan pembentukan bezoar. Bahkan perlu kalian ketahui bezoar merupakan massa keras yang dapat menyebabkan obstruksi lambung.

Sedangkan diospyrobezoar   adalah efek samping terlalu banyak makan kesemek, sedangkan tanin dan kandungan serat yang tidak dapat dicerna bergabung dengan asam lambung untuk membentuk massa yang keras.

Kategori :