Kandungan Nutrisi dan 5 Manfaat Buah Cermai bagi Kesehatan

Sabtu 19-08-2023,17:38 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Untuk bisa menjalankan rutinitas seperti bekerja, sekolah maupun yang lainnya maka perlu mempunyai tubuh yang sehat. Hal tersebut seperti banyak mengonsumsi sayuran maupun berolahraga secara rutin.

Bahkan bukan hanya olahraga dan mengonsumsi sayuran saja, akan tetapi makan buah-buahan juga sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Salah satunya yakni buah cermai yang mempunyai khasiat bagi kesehatan tubuh.

Cermai merupakan jenis buah yang termasuk dalam kelompok berry, bahkan buah ini berbentuk bulat, berwarna hijau cerah dan memiliki rasa yang asam makanya cocok untuk dijadikan manisan.

Buah cermai juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, bahkan beberapa di antaranya yakni mampu mengatasi sembelit, menyehatkan kulit, mencegah gejala kanker sampai membantu menurunkan berat badan.

Bahkan buah cermai memiliki berbagai manfaat kesehatan bila rutin dikonsumsi, dan salah satu manfaatnya adalah mengobati sembelit. Buah cermai juga mengandung banyak vitamin C sehingga efektif melancarkan pencernaan terutama yang berkaitan dengan sembelit.

BACA JUGA:6 Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Bukan hanya itu buah ini juga baik untuk membersihkan usus besar, serta direkomendasikan untuk pengidap asma di mana cermai juga bisa melancarkan pernapasan.

Kandungan Nutrisi Buah Cermai

Buah cermai ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bahkan bila dikonsumsi secara rutin, hal ini tidak lepas dari kandungannya yang memang menunjang kesehatan.

Beberapa kandungan dari buah cermai yakni seperti zat besi, seng, kalsium, fosfor, polifenol, tanin, riboflavin, tiamin, vitamin A dan B kompleks serta C. Dimana zat-zat tersebut memiliki fungsi masing-masing yakni mulai dari antioksidan, anti inflamasi hingga anti bakteri.

Maka itulah sebabnya buah ini dianjurkan untuk menjadi bagian dari pola makan sehat, dan mengingat kandungan zat yang bermanfaat di dalamnya.

Berikut 5 manfaat buah cermai bagi kesehatan, yakni antara lain:

1.  Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Sehat

Vitamin C yang terkandung dalam buah ini dapat memberikan manfaat bagi kulit, dan kulit akan cerah, bersih dan lembut. Bagi kalian yang mengalami masalah jerawat dan kulit kusam sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi buah ini.

2.   Dapat Mengobati Rasa Sembelit

Kategori :