Ketahui 8 Manfaat Mengagumkan Selai Kacang Bagi Kesehatan, Apa Saja?

Jumat 18-08-2023,19:15 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Selai kacang banyak dipilih orang untuk melengkapi sarapan mereka di pagi hari. Tak hanya untuk roti, selai kacang juga bisa digunakan untuk makanan lain.

Selai kacang tinggi akan kandungan protein sehingga menjadikannya bahan yang sangat diperlukan dalam makanan dan sandwich yang tak terhitung jumlahnya.

Selain itu selai kacang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan memiliki banyak vitamin, serat, dan protein yang tinggi (setidaknya tujuh gram).

Protein membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan juga penting untuk memperbaiki dan membangun otot pada tubuh.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 8 daftar manfaat selai kacang bagi kesehatan:

1. Sumber Protein

Protein adalah nutrisi penting yang terdiri dari asam amino, yang merupakan "pembangun" utama tubuh.

Konsumsi protein yang cukup penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, termasuk otot, tulang, kulit, dan organ internal.

Dalam hal selai kacang, kacang yang digunakan sebagai bahan dasarnya mengandung protein. Protein ini dapat membantu dalam proses regenerasi dan pertumbuhan sel-sel baru dalam tubuh.

Selain itu, protein juga berperan dalam berbagai fungsi biologis, termasuk sebagai bagian dari enzim dan hormon.

Makanan yang kaya protein seperti selai kacang dapat membantu memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan asupan protein yang memadai untuk menjaga kesehatan dan kinerja tubuh secara keseluruhan.

2. Sumber Energi

Selai kacang mengandung lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, yang merupakan sumber energi yang penting.

Lemak adalah salah satu nutrisi utama yang digunakan tubuh untuk memproduksi energi. Lemak juga membantu dalam penyerapan beberapa vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K.

Konsumsi lemak sehat dalam jumlah yang tepat dapat memberikan energi yang berkelanjutan selama beraktivitas sepanjang hari.

Namun, penting untuk mengonsumsinya dalam batas yang sehat, karena lemak juga mengandung lebih banyak kalori dibandingkan protein dan karbohidrat.

BACA JUGA:Ketahui 6 Minuman yang 'Haram' Diminum Penderita Hipertensi, Bisa Bikin Tambah Parah!

3. Kaya Serat

Serat adalah komponen makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, namun memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan pencernaan.

Dalam selai kacang, terdapat serat yang bermanfaat untuk membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah sembelit.

Selain itu, serat juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan glukosa setelah makan.

Salah satu manfaat serat yang paling terasa adalah memberikan rasa kenyang yang lebih lama setelah makan.

Hal ini dapat membantu dalam mengontrol asupan kalori dan mengatur nafsu makan, yang berkontribusi pada manajemen berat badan.

4. Kandungan Vitamin dan Mineral

Selai kacang mengandung berbagai vitamin dan mineral penting seperti vitamin E, magnesium, dan kalium. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai manfaat masing-masing komponen ini:

Vitamin E

Merupakan antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini mendukung kesehatan kulit, mata, dan sistem kekebalan tubuh.

Magnesium

Mineral ini penting untuk berbagai fungsi tubuh, termasuk fungsi otot dan saraf, pembentukan tulang, serta regulasi tekanan darah. Magnesium juga berperan dalam metabolisme energi.

Kalium

Mineral yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan berperan dalam fungsi jantung yang sehat. Kalium juga dapat membantu dalam mengatur tekanan darah.

5. Menjaga Berat Badan

Protein dan serat dalam selai kacang dapat membantu menjaga berat badan. Protein membutuhkan lebih banyak waktu untuk dicerna, sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Hal ini dapat membantu Anda merasa puas setelah makan dan mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan berlebihan.

Serat juga berkontribusi pada rasa kenyang dan dapat membantu mengontrol asupan kalori dengan memperlambat penyerapan glukosa dari makanan, mengurangi fluktuasi gula darah, dan mempertahankan tingkat energi yang stabil.

6. Kesehatan Jantung

Lemak sehat yang terkandung dalam selai kacang, seperti lemak tak jenuh, dapat mendukung kesehatan jantung.

Lemak tak jenuh diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

Dengan menggantikan lemak jenuh dan trans dengan lemak tak jenuh, Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

BACA JUGA:7 Manfaat Ampas Kopi yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

7. Menyediakan Antioksidan

Selai kacang mengandung beberapa jenis antioksidan, seperti resveratrol. Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada penuaan dini dan penyakit kronis.

Resveratrol, khususnya, memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mendukung kesehatan sel dan jaringan tubuh.

8. Menyokong Otot

Kandungan magnesium dalam selai kacang berkontribusi pada kesehatan otot dan fungsi saraf. Magnesium penting untuk kontraksi otot yang normal, transmisi impuls saraf, dan regulasi kadar elektrolit dalam tubuh.

Mengonsumsi cukup magnesium dapat membantu mencegah kram otot dan menjaga kesehatan sistem saraf.(*)

Kategori :