Baca Ini Jika Kamu Anak Kimia! Inilah 10 Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Penyuka Kimia

Jumat 18-08-2023,02:00 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Saat melanjutkan kuliah, terkadang masih banyak calon mahasiswa yang bingung dalam memilih jurusan.

Maka dari itu perlu dipikirkan lebih dalam mengenai apa jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Misalnya saja bagi anak IPA yang senang melakukan penelitian di laboratorium kimia di sekolah. Kalian bisa menentukan jurusan di perguruan tinggi sesuai dengan passionmu itu.

Namun perlu diingat, kalian yang menyukai pelajaran Kimia tidak hanya kuliah dan bekerja di lab kimia saja.

Sebab ada beberapa jurusan dan pekerjaan tertentu yang membuatmu harus berkolaborasi dengan lebih banyak orang.

Inilah 10 jurusan yang cocok untuk penyuka kimia, apa saja? Yuk simak artikel berikut ini!

1. Kimia

Tentunya karena kalian menyukai pelajaran Kimia di sekolah maka bisa dipastikan pilihan pertamamu adalah Kimia.

Namun sebenarnya kalian tidak harus banget kuliah di Kimia FMIPA. Kalian juga bisa kuliah di Teknik Kimia atau Tadris Kimia jika tertarik pada prospek mengajar Kimia.

Sains Analitik dan Instrumentasi Kimia juga bisa menjadi pilihan jurusan kuliah berdasarkan mata pelajaran Kimia.

2. Farmasi

Jurusan Farmasi mengkaji mengenai obat-obatan, mulai dari proses pembuatannya, interaksi obat, hingga pemasaran obat.

Untuk itu, kamu perlu belajar di kampus yang memiliki fasilitas dan laboratorium yang memadai. Jurusan Farmasi di UII menyediakan laboratorium Mini Teaching Hospital, laboratorium teknologi farmasi hingga Nanopharmacy Research Centre.

Jurusan Farmasi UII telah terakreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes Indonesia).

Lulusannya berkarya di berbagai bidang kefarmasian seperti apotek, rumah sakit, industri farmasi, atau balai/badan pengawasan obat dan makanan.

3. Holtikultura

Mungkin Anda jarang atau bahkan belum pernah mendengar nama jurusan ini. Meski begityu, jurusan ini bisa Anda pilih sebab merupakan salah satu jurusan yang berhubungan dengan kimia.

Jadi, jurusan holtikultural ini merupakan jurusan yang di dalamnya mempelajari tentang sistem dan cara-cara dalam pembudidayaan tanaman dan berfokus pada perawatan yang lebih intensife.

BACA JUGA:Jika Mau Otak Pintar Coba Rajin Konsumsi Ikan Mas! Inilah 5 Manfaat Ikan Mas Bagi Kesehatan

4. Ilmu Gizi

Mempelajari mengenai gizi erat kaitannya dengan ilmu kimia. Dalam jurusan ilmu gizi, Kamu akan mempelajari mengenai zat-zat yang terkandung dalam sebuah makanan dan kaitannya jika dikonsumsi oleh tubuh.

Kamu akan banyak mempelajari at-zat seperti karbohidrat, protein, lemak, dan zat-zat lainnya.

5. Teknologi Pangan

Urusan pangan sejatinya melibatkan banyak sektor. Tak hanya biologi dan pertanian dalam menangani tanam-menanam, tetapi juga ekonomi dalam hal pemasaran.

Di samping itu, ada proses pengolahan di antara penanaman tanaman pangan dan pemasarannya. Nah, di situlah kimia mengambil peran.

Jadi kalau kamu harus memilih jurusan sesuai mata pelajaran favorit, pertimbangkan juga untuk kuliah di jurusang pangan.

Kamu yang menyukai pelajaran Kimia dapat memilih kuliah Teknologi Pangan, Ilmu dan Teknologi Pangan, Pangan dan Nutrisi, Ilmu Teknologi Pangan, Teknik Pangan, ataupun Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian.

6. Kedokteran Hewan

Alternatif kuliah kedokteran adalah di Kedokteran Hewan. Jika kamu memang tertarik dengan jurusan dan pekerjaan kedokteran, kuliah Kedokteran Hewan juga bisa dipertimbangkan.

Jurusan ini dikenal se bagai Pendidikan Dokter Hewan di beberapa kampus.

7. Biokimia

Jurusan yang berhubungan dengan kimia selanjutnya adalah biokimia. Di jurusan ini, Kamu akan mempelajari proses-proses dan reaksi kimia yang terjadi dan dimiliki oleh makhluk hidup.

Misalnya seperti genetika atau metabolisme. Selain itu, di jurusan biokimia Kamu juga akan mempelajari hal-hal seperti bakteri atau virus.

8. Teknik Kimia

Jurusan teknik kimia berbeda dengan jurusan kimia. Pada jurusan teknik kimia, Kamu akan lebih fokus untuk mempelajari ilmu-ilmu kimia yang diterapkan dan dimanfaatkan untuk bidang industri.

Jurusan teknik kimia saat ini sedang banyak diminati karena lulusannya banyak dibutuhkan dunia industri.

BACA JUGA:Ingin Anak Pintar? 7 Jenis Ikan Ini Bisa Bantu Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak

9. Kedokteran

Ini dia, jurusan dan pekerjaan idamannya banyak anak IPA. Mungkin kamu berpikir bahwa Kedokteran lebih terkait dengan biologi, padahal bukan juga seperti itu.

Misalnya, untuk mengenali massa tubuh manusia saja, kita harus belajar tentang oksigen, karbon, nitrogen, hidrogen, fosfor, dan kalsium. Bukankah kamu mengenal unsur-unsur itu di kelas Kimia?

Di beberapa kampus, Kedokteran disebut Pendidikan Dokter. Setelah lulus kuliah, kamu masih harus kuliah Program Profesi Dokter untuk menjadi dokter umum. Masih ada satu lagi jurusan kuliah terkait biologi dan kedokteran, yaitu Teknologi Kedokteran.

10. Rekayasa Tekstil

Prodi Rekayasa Tekstil UII merupakan pioneer dan satu-satunya prodi yang menyelenggarakan pendidikan Rekayasa Tekstil program S1 di Indonesia lho!

Lewat prodi ini, kamu akan belajar bagaimana mentransformasikan material serat, benang, maupun kain menjadi produk yang lebih bernilai dan inovatif.

Lulusannya bisa berkarier di industri tekstil dan produk tekstil, interior design, industri obat-obatan tekstil, industri serat sintetis dan serat alam, garmen, industri pemintalan, pertenunan, dan sebagainya.(*)

Kategori :