7 Manfaat Kesehatan dan Kandungan Nutrisi yang Ada di Buah Belimbing

Senin 14-08-2023,14:36 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Menjaga Kesehatan merupakan salah satu dimana kita untuk bisa beraktivitas dalam keseharian. Bahkan menjaga kesehatan bukan hanya dengan berolahraga saja, akan tetapi mengonsumsi sayuran dan buah-buahan juga sangat bagus untuk kesehatan.

Salah satu buah yang memiliki manfaat untuk kesehatan yakni belimbing, dimana buah yang satu ini sangat bermanfaat untuk menjaga kstabilan kesehatan tubuh kita.

Bahkan bukan belimbing sangat mudah untuk kita temui, bahkan bisa kita temui di pasar maupun terkadang ada orang yang mempunyai pohon belimbing itu sendiri.

Buah belimbing juga mengandung serat, protein, karbohidrat, vitamin C, folat, tembaga, kalium dan magnesium, dan untuk manfaat buah belimbing mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh hingga mencegah kanker.

Belimbing adalah buah yang berasal dari pohon carambola averrhoa, dan pohon ini tumbuh subur di negara tropis seperti Indonesia, Malaysia, Kamboja, Thailand, India dan Filipina.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Sayur Paprika untuk Menurunkan Berat Badan

Ciri khasnya buah belimbing yakni berwarna hijau saat masih mentah dan berubah menjadi kuning mengkilap ketika sudah matang, sedangkan tekstur dagingnya renyah dan berair serta memiliki rasa manis yang sedikit asam.

Untuk salah satu manfaat buah belimbing yakni mampu mengendalikan kadar gula darah, dan khasiat tersebut berkat kandungan tinggi serat tidak larut air (insoluble fiber) dan nutrisi itu bekerja dengan menghambat penyerapan glukosa dalam tubuh.

Berikut kandungan nutrisi dan 7 manfaat buah belimbing untuk kesehatan tubuh kita, yakni antara lain:

Kandungan Nutrisi Buah Belimbing

Adapun kandungan nutrisi dari satu buah belimbing berukuran 91 gram, di antaranya seperti:

1)   3 gram serat

2)   1 gram protein

3)   Kalori sebanyak 28 kilokalori.

4)   6 gram karbohidrat

Kategori :