Ketahui 6 Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan yang Luput Dari Perhatian, Apa Saja?

Sabtu 12-08-2023,20:02 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Mengonsumsi ikan secara rutin dapat menjadi salah satu cara memenuhi kebutuhan asupan protein setiap hari. Ikan gabus menjadi salah satu spesies ikan air tawar yang umum ditemukan di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Ikan gabus dengan nama latin Channa striata tergolong sebagai ikan predator buas yang memangsa serangga dan hewan air kecil pada habitat aslinya.

Ikan gabus dikenal sebagai sumber protein hewani terbaik dan penting untuk dikonsumsi. Ikan gabus diketahui memiliki kandungan albumin yang tidak dimiliki oleh ikan lainnya sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut daftar manfaat ikan gabus bagi kesehatan:

1. Sumber Protein

Manfaat pertama dari ikan gabus adalah sebagai sumber protein. Protein adalah nutrisi penting yang berperan dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

Tubuh manusia memerlukan protein untuk menjaga kesehatan otot, kulit, rambut, dan sejumlah fungsi biologis lainnya.

Ikan gabus merupakan salah satu sumber protein yang baik karena mengandung asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh.

Protein dalam ikan gabus dapat membantu dalam pembentukan enzim, hormon, dan sel-sel darah. Khususnya, protein dalam ikan gabus dapat menjadi alternatif yang sehat untuk sumber protein lainnya, seperti daging merah yang tinggi lemak jenuh.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kedua dari ikan gabus adalah kesehatan jantung. Ikan gabus kaya akan omega-3, yaitu jenis asam lemak tak jenuh yang memiliki efek positif pada kesehatan jantung.

Omega-3 membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan beberapa cara. Pertama, omega-3 dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah, yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Kedua, asam lemak ini juga dapat membantu menjaga ritme jantung yang normal dan mengurangi peradangan dalam pembuluh darah.

Dengan mengonsumsi ikan gabus dan makanan lain yang kaya akan omega-3 secara teratur, Anda dapat mendukung kesehatan jantung Anda dan mengurangi risiko terkena masalah jantung dan pembuluh darah.

BACA JUGA:6 Manfaat Luar Biasa Ikan Nila Bagi Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

3. Kesehatan Otak

Manfaat ketiga dari ikan gabus adalah untuk kesehatan otak. Kandungan omega-3 dalam ikan gabus, terutama jenis omega-3 yang disebut DHA (asam docosahexaenoic), memiliki peran penting dalam menjaga fungsi otak yang baik.

DHA adalah komponen penting dari struktur otak dan saraf. Konsumsi omega-3 yang cukup dapat membantu menjaga kelancaran sinyal-sinyal saraf dalam otak, mempromosikan perkembangan otak yang sehat, serta mendukung fungsi kognitif seperti kemampuan berpikir, belajar, dan mengingat.

4. Sumber Nutrisi Penting

Manfaat keempat dari ikan gabus adalah sebagai sumber nutrisi penting, seperti vitamin dan mineral. Ikan gabus mengandung berbagai nutrisi yang mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Beberapa nutrisi yang dapat ditemukan dalam ikan gabus meliputi:

Vitamin D

Nutrisi penting untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D juga dapat membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih efektif.

Selenium

Mineral ini memiliki peran sebagai antioksidan, membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Fosfor

Mineral penting untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat, serta berkontribusi pada fungsi normal sel-sel tubuh.

Vitamin B

Ikan gabus juga mengandung beberapa jenis vitamin B, yang berperan dalam berbagai proses metabolik tubuh.

BACA JUGA:5 Khasiat Air Rebusan Daun Jeruk Purut dan Cara Mengolahnya

5. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat kelima dari ikan gabus adalah bagi kesehatan mata. Ikan gabus mengandung vitamin A, nutrisi yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata.

Vitamin A merupakan nutrisi esensial untuk penglihatan yang baik. Ini membantu menjaga kornea (bagian luar mata) tetap sehat, serta diperlukan untuk produksi pigmen dalam sel-sel mata yang berperan dalam persepsi cahaya.

Vitamin A juga membantu menjaga kelembapan mata dan mencegah masalah mata kering.

6. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat keenam dari ikan gabus adalah kemampuannya dalam meningkatkan imunitas tubuh. Ikan gabus mengandung mineral selenium, yang memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Selenium adalah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan peradangan dan masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, selenium juga dapat meningkatkan respons imun tubuh terhadap infeksi dan penyakit.(*)

Kategori :