6 Khasiat Buah Alpukat yang Baik untuk Kesehatan Kita

Rabu 09-08-2023,09:17 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Mengonsumsi buah-buahan adalah sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, dimana buah-buahan banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh.

Salah satunya yakni buah alpukat yang dimana sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan kesehatan tubuh kita. Bahkan kalian juga bisa membuatnya dalam olahan apapun misalnya seperti jus maupun yang lainnya.

Buah alpukat adalah buah asal Meksiko dan Amerika Tengah yang kaya akan berbagai kandungan nutrisi, bahkan beragam kandungan nutrisi membuat buah ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Berikut 6 khasiat buah alpukat yang baik untuk kesehatan tubuh kita, yakni antara lain:

1.   Mencegah Penyakit Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang berbahaya, bahkan ada berbagai cara pencegahan terhadap penyakit ini salah satunya dengan mengonsumsi alpukat.

Buah ini mengandung folat yang cukup tinggi untuk mencegah munculnya penyakit kanker usus besar, lambung, pankreas hingga serviks. Buah alpukat juga mengandung fitokimia dan karotenoid yang tinggi dan bersifat antikanker.

Kedua kandungan tersebut mampu mencegah perkembangan kanker menjadi tahap yang lebih parah, dan meski begitu masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait khasiat buah alpukat dengan penyakit kanker.

2.    Menjaga Kesehatan Mental

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental, salah satunya dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat. Buah alpukat menjadi buah yang perlu kalian konsumsi untuk mencegah depresi, buah alpukat mengandung folat yang cukup tinggi.

Seseorang yang kekurangan asupan folat berisiko lebih tinggi untuk mengalami depresi, sebab folat mampu mencegah penumpukan homocysteine.  Zat yang dapat menyebabkan gangguan sirkulasi dan pengiriman nutrisi ke otak.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

3.    Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat alpukat juga tidak lepas dari kesehatan jantung, sebab kandungan mineral, protein, serat, lemak sehat juga vitamin di dalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Membiasakan mengonsumsi buah dan sayuran tidak terkecuali buah yang satu ini, bisa membantu menurunkan kadar low density lipoprotein dan meningkatkan kadar high density lipoprotein di dalam tubuh.

Kategori :