Sering Susah Buang Air Besar? Gampang, Ini 8 Makanan yang Dapat Melancarkannya

Kamis 03-08-2023,22:26 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG –Susah buang air besar sering orang alami. Gangguan kesehatan tersebut tidak serta merta muncul begitu saja. Banyak hal yang bisa menyebabkan hal itu terjadi.

Hampir setiap orang tentu pernah mengalaminya. Tentunya akan sangat mengganggu aktifitas anda jika mengalami hal ini.

Sembelit atau konstipasi dapat terjadi karena beberapa hal, mulai dari kurang minum, pola makan yang buruk hingga kurang bergerak aktif. Namun, factor makanan sangat berperan cukup besar dalam persoalan ini.

Tidak hanya dengan obat-obatan, konsumsi makanan pelancar BAB juga bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan susah buang air besar atau sembelit. Jenis makanan tersebut mengandung serat yang mampu melancarkan sistem pencernaan sehingga memudahkan buang air besar.

Ketika anda mengalami hal tersebut, kebanyakan orang selalu mencari obat untuk melancarkan BAB. Namun, sejatinya and tidak perlu mengonsumsi obat-obatan. Mengonsumsi makanan pelancar BAB juga bisa menjadi solusi untuk masalah ini.

BACA JUGA:Susah Buang Air Besar Saat Lakukan Diet, Ini Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Makanan Pelancar Susah BAB

Jenis makanan yang mengandung serat mampu melancarkan sistem pencernaan sehingga memudahkan buang air besar. Sehingga anda tidak harus mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasinya.

Melansir dari laman alodokter.com, berikut ini adalah beberapa jenis makanan tinggi serat yang efektif mengatasi susah buang air besar.

1.     Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kubis dan brokoli merupakan makanan tinggi serat yang baik untuk anda konsumsi saat sembelit. Kandungan serat dalam sayuran hijau dapat menambah volume dan melunkkan tinja, sehingga lebih mudah anda keluarkan.

2.     Buah apel

Apel mengandung serat larut air yang bernama pectin. Ketika mencapai usus, pectin dalam apel langsung menjadi asam lemak yang dapat menarik air ke usus besar untuk melunakkan tinja. Selain itu, pectin juga dapat meningkatkan gerakan usus sehingga dapat mempercepat pengeluaran tinja.

3.     Ubi jalar

Seperti buah apel, ubi jalar juga mengandung pectin. Selain itu, ubi jalarmengandung anyak serat tidak larut dalam bentuk selulosa dan lignin. Kedua jenis serat ini dapat membantu pergerakan usus dengan menambah volume tunja sehingga bermanfaat untuk melancarkan BAB bagi penderita sembelit.

4.     Kefir

Minuman susu fermentasi yang mirip dengan yoghurt ini diketahui mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Studi menyebutkan bahwa mengonsumsi kefir dapat meningkatkan kadar air dalam tinja dan memudahkan tinja untuk keluar saat BAB.

5.     Buah kiwi

Studi menyebutkan bahwa mengonsumsi dua buah kiwi setiap hari selama 2 minggu dapat menghasilkan pergerakan usus yang lebih cepat dan tinja yang lunak. Hal ini berkat kandungan serat dan enzim aktinidin dalam kiwi yang bermanfaat untuk melunakkan tinja dan meningkatkan gerakan usus.

6.     Oat

Oat kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Keempat kandungan tersebut dapat meningkatkan bakteri baik di dalam usus untuk melancarkan BAB. Oleh karena itu, jika sedang sembelit, Anda bisa mencoba konsumsi oat. Cara termudah mengonsumsi oat adalah dengan mengolahnya menjadi oatmeal.

7.     Kacang

Sama halnya dengan ubi jalar, kacang juga kaya akan serat sehingga dapat meredakan konstipasi. Beberapa jenis kacang yang baik anda konsumsi untuk melancarkan buang air besar adalah kacang almond, kacang tanah dan kacang kenari.

8.     Rumput laut

Rumput laut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya mengatasi konstipasi. Hal ini karena rumput laut dapat meningkatkan kadar air dalam tinja, sehingga tinja menjadi lebih lunak dan mudah keluar.

BACA JUGA:Sering Sulit Buang Air Besar, Atasi dengan Cara Ini

Jika sembelit tidak juga membaik meski sudah mengonsumsi beragam jenis makanan tadi dan anda masih susah buang air besar, segera periksakan ke dokter.(*)

Kategori :