Bantu Cegah Anemia, Konsumsi 5 Buah Ini Untuk Menambah HB Anda

Kamis 03-08-2023,20:53 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Asupan makanan yang kita konsumsi setiap harinya berperan penting dalam proses produksi sel di dalam tubuh, termasuk dengan sel darah merah.

Salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk membantu proses produksi sel darah merah adalah buah-buahan. Lantas, apa saja sih jenis buah yang dapat dikonsumsi untuk mencegah anemia?

Hb atau hemoglobin adalah protein yang terdapat pada sel darah merah. Hemoglobin memiliki berbagai peran penting dalam tubuh, salah satunya yaitu mengikat dan mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

Maka dari itu, kadar hemoglobin normal dalam tubuh harus selalu dijaga untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan seperti Anemia.

Anemia adalah salah satu kondisi medis berupa rendahnya kadar hemoglobin atau sel darah merah di dalam tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang mengalami pusing, pucat, dan mudah lelah.

Dalam keadaan sehat, normalnya seseorang memiliki kadar hemoglobin 12-15 gram/dL pada wanita dewasa dan 13-17 gram/dL pada pria dewasa.

Apabila kadar hemoglobin dalam tubuh tidak normal (terlalu tinggi atau terlalu rendah), hal tersebut dapat mengindikasi adanya ketidakseimbangan produksi dan penghancuran sel darah merah.

Maka dari itu pentingnya untuk menjaga kadar Hemoglobin dalam darah dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Selain dari asupan seperti daging merah, Hb juga bisa ditingkatkan secara alami dengan mengonsumsi jenis buah yang tepat.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa jenis buah yang dapat meningkatkan kadar Hemoglobin dalam darah untuk mencegah Anemia.

1. Apel

Buah penambah darah yang pertama adalah apel. Apel memiliki kandungan zat besi yang apabila dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan risiko anemia.

Tak hanya itu, apel juga mengandung antioksidan, flavonoid, serta serat yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan di dalam tubuh.

Agar terasa lebih lezat dan menyegarkan, kamu bisa mengolah buah apel menjadi salad buah bersama dengan buah-buahan segar lainnya, atau bisa dibuat jus.

2. Pisang

Buah penambah Hemoglobin yang kedua adalah pisang. Pisang kerap kali disebut sebagai salah satu makanan untuk menjaga kesehatan jantung karena memiliki kandungan kalium yang tinggi.

Nyatanya, buah pisang juga memiliki kandungan zat besi tinggi sehingga bermanfaat untuk mengoptimalkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Selain itu, pisang juga menjadi jenis buah penambah darah yang aman untuk lambung dan sistem pencernaan karena memiliki tekstur lembut serta mengandung serat tinggi.

3. Bit

Buah bit atau beetroot adalah salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin atau Hb dalam darah. Tidak hanya mengandung banyak zat besi, bit juga kaya akan asam folat, kalium dan serat.

Kamu bisa meminum jus bit setiap hari untuk memastikan kadar Hb tetap terkendali. Agar rasanya lebih enak, kamu bisa mencampurkan jeruk saat membuat jus buah bit.

BACA JUGA:Dapat Mencerahkan Kulit, Inilah 7 Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kecantikan

4. Kurma

Buah kering juga menjadi salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan Hemoglobin dalam darah.

Salah satunya dari kurma. Selain membantu menambah energi, kurma juga menjadi sumber zat besi yang dapat meningkatkan kadar Hb dalam darah.

Namun sebaiknya kurma tidak dikonsumsi berlebihan bagi yang memiliki risiko atau riwayat diabetes, ya. Ini karena kurma diketahui juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

5. Semangka

Selain segar dan mengandung tinggi air, semangka juga termasuk jenis buah-buahan yang memiliki zat besi tinggi.

Semangka juga menjadi sumber alami vitamin C yang baik, yang berfungsi untuk membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh.

Dengan demikian, konsumsi semangka pun memberikan manfaat baik untuk menambah Hb. Dalam satu porsi semangka, terdapat sekitar 0,4 milligram zat besi.

Selain menambah darah, semangka juga bisa menjaga daya tahan tubuh loh.

Nah, Itu dia sederet jenis buah penambah darah yang baik untuk Kamu konsumsi secara rutin. Jadi, selalu sediakan buah-buahan tersebut ke dalam menu makanan Kamu sehari-hari, ya.(*)

 

Kategori :