3 Hal yang harus Kalian Ketahui Tentang Keindahan Pantai Goa Cemara Jogja

Kamis 03-08-2023,18:23 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Siapa yang tidak kenal dengan Daerah Yogyakarta, yakni dimana menjadi salah satu daerah yang mempunyai banyak sekali wisata pantainya yang mempesona.

Bahkan belum lengkap rasanya jika kita pergi ke Yogyakarta akan tetapi tidak mengunjungi salah satu wisata pantai yang ada disini. Bahkan tempatnya juga tidak kalah seperti dengan pantai yang ada di Bali.

Wisata Pantai ini disebut unik karena kalian akan menemukan ribuan pohon cemara yang tumbuh di tepian pantai, semua pohon cemara tumbuh subur dan rimbun sehingga dapat dijadikan sebagai tempat berteduh.

Bagi kalian yang pernah jalan-jalan ke sini pasti tahu seperti apa rasanya bukan hanya daerah Kota-nya saja yang mempunyai potensi wisata, tapi juga daerah-daerah lainnya terutama pantai.

Ada beberapa wilayah Yogyakarta dengan potensi wisata bahari populer, yaitu Gunung Kidul, Bantul dan Kulon Progo, dan bila kalian ingin berkunjung ke pantai dengan jarak yang relatif dekat dari Kota Yogyakarta maka Bantul jawabannya.

Berikut 3 hal yang harus kalian ketahui tentang wisata ini, antara lain:

1. Adanya Mitos Mengenai Pantai Goa Cemara

Seperti halmya pantai selatan lainnya, wisata Pantai Goa Cemara ini juga dihubungkan dengan sejumlah mitos, bahkan kebanyakan mitos tersebut dihubungkan dengan keberadaan Nyi Roro Kidul yakni sang Ratu Pantai Selatan.

Warga sekitar yang masih memegang teguh kepercayaan atas mitos seringkali mengadakan ritual persembahan untuk menghormati Nyi Roro Kidul, dan ritual ini setidaknya dilakukan setahun sekali setiap 1 Muharram atau 1 Suro.

Ritual yang dinamakan dengan Lelabuhan dilaksanakan dengan mengarak boneka berbentuk seperti kambing, dan boneka ini diberi nama Kambing Kendhit.

Pengarakan disertai dengan Kirab berupa hasil bumi sebagai tanda kesuburan alam sekelilingnya, bahkan sebagian masyarakat modern jaman sekarang mungkin kurang percaya dengan semua mitos yang ada.

BACA JUGA:Ini Dia 4 Informasi Tentang Wisata Mempesona Pantai Sepanjang Yogyakarta

2. Lokasi Pantai Goa Cemara

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Pantai Goa Cemara masuk ke wilayah Kabupaten Bantul, tepatnya di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jarak dari Kota Yogyakarta pun cukup dekat yakni sekitar 33 km saja, dan tidak sampai satu jam kalian sudah bisa sampai di tempat ini dengan kendaraan pribadi.

Kategori :