Tekankan Pentingnya Berprestasi dan Berkarakter

Rabu 02-08-2023,11:21 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, SLAWI – Gugus Depan MAN 1 Tegal melakukan presentasi profilnya pada visitasi 6 besar lomba Gugus Depan Mantap Tingkat Jawa Tengah yang di hadiri langsung ketua Kwartir Cabang (Kwarcab)  Widodo Joko Mulyono serta tim visitasi dari  Kwartir Daerah Jawa Tengah (Kwarda) dan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tegal.

Lomba gudep mantap ini adalah kegiatan yang bertujuan untuk media evaluasi dan pembinaan untuk meningkatkan kualitas organisasi,  serta kegiatan pembinaan dan pengembangan pendidikan kepramukaan terkhusus di wilayah Kwarda Jawa Tengah. Selebihnya  menjadi agenda tahunan yang memotivasi tiap gudep untuk terus memperbaiki dan berinovasi melalui program-program kepramukaan di gudepnya masing-masing.

Ketua Kwarcab Widodo Joko Mulyono berharap target Pramuka Garuda tahun 2024 harus mencapai 2.000 anggota. 

"Hal ini agar supaya kedepannya tidak hanya dari MAN 1 Tegal yang bisa mengikuti gudep mantap, tapi sekolah lain se Kwarcab Tegal bisa mengikuti lomba gudep mantap ini," ujarnya, Selasa (1/8). 

Menurutnya,  pramuka Garuda ini merintis pemuda pemudi yang tangguh berkarakter dari nilai nilai yang dituangkan dalam gerakan kepanduan.

Terpisah, tim penilai Kwarda Sigit Joko berharap dengan adanya gudep mantap yang unggul dalam kekuatan managemen administrasi, sumber daya kemudian prestasi akan membuat Jawa Tengah menjadi lebih baik. 

"Ini bisa menjadi titik akhir dari pembinaan keseluruhan di Jawa Tengah untuk peserta didik adalah Pramuka Garuda.  Mulai dari proses awal hingga titik akhir tujuan kita adalah kesana," cetusnya. 

Kategori :