Sering Diabaikan dan Dianggap Tak Bernilai, Ternyata Buah Kersem Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

Minggu 30-07-2023,19:07 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Pohon kersem sering kali diabaikan dan dianggap tak bernilai. Padahal, manfaat buah kersem bagi kesehatan banyak sekali, lho. Cari tahu di sini!

Siapa yang tak kenal buah kersem? Buah yang dijuluki ceri-nya Indonesia ini sangat mudah ditemukan, termasuk di halaman dan tepi jalan.

Namun, meski mudah dijumpai, buah mungil ini kerap diabaikan dan dianggap tak bernilai. Padahal, ada banyak manfaat buah kersem untuk kesehatan.

Kandungan dalam buah kersem meliputi vitamin, antioksidan, bahkan antibiotik alami yang baik bagi tubuh.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut daftar manfaat dari buah kersem bagi kesehatan:

1. Kaya akan vitamin C

Buah kersem adalah sumber yang kaya akan vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat. Vitamin C adalah nutrisi penting yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ia membantu tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit dengan cara merangsang produksi dan aktivitas sel-sel kekebalan tubuh, seperti sel darah putih.

Selain itu, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan berbagai masalah kesehatan.

2. Sumber serat

Buah kersem juga mengandung serat, yang merupakan komponen penting bagi sistem pencernaan. Serat terdiri dari serat larut dan tidak larut yang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Serat larut membentuk gel di dalam usus dan membantu mengatur penyerapan gula dan kolesterol dalam darah. Ini bermanfaat untuk pengelolaan diabetes dan kolesterol tinggi.

Sementara itu, serat tidak larut membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah sembelit dengan menambah volume tinja.

Konsumsi buah kersem dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko masalah pencernaan.

3   Mengandung antioksidan

Buah kersem mengandung berbagai jenis senyawa antioksidan, seperti flavonoid, karotenoid, dan vitamin C. Antioksidan berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil dan dapat menyebabkan kerusakan selular, yang pada akhirnya dapat berkontribusi terhadap penuaan dini dan berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Dengan mengonsumsi buah kersem yang mengandung antioksidan, Anda dapat membantu menetralkan radikal bebas dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh.

BACA JUGA:Inilah 7 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan, Jangan Lewatkan!

4. Menyediakan vitamin A

Buah kersem juga merupakan sumber vitamin A, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan mata dan kulit.

Vitamin A memiliki peran kunci dalam menjaga kesehatan mata dengan mendukung fungsi penglihatan yang baik, khususnya dalam kondisi pencahayaan redup atau gelap.

Selain itu, vitamin A juga berperan dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan, termasuk kulit dan membran mukosa di dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi buah kersem, Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin A tubuh Anda, yang mendukung kesehatan mata dan kulit yang optimal.

5. Kandungan mineral

Buah kersem mengandung berbagai mineral penting, termasuk kalium, mangan, dan magnesium. Mineral-mineral ini berperan dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama terkait kesehatan jantung dan sistem saraf.

Kalium dalam kersem memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mendukung fungsi otot dan saraf.

Selain itu, kalium juga membantu mengatur tekanan darah, yang merupakan faktor penting dalam mencegah hipertensi dan masalah jantung lainnya.

Mangan berfungsi sebagai kofaktor enzim yang terlibat dalam berbagai reaksi kimia dalam tubuh. Mangan membantu dalam proses metabolisme, pembentukan tulang, dan pertumbuhan jaringan.

Kandungan magnesium juga sangat diperlukan untuk lebih dari 300 reaksi enzim dalam tubuh dan berperan dalam menjaga fungsi otot dan saraf yang normal.

Magnesium juga membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan berkontribusi pada kesehatan jantung.

6. Rendah Kalori

Buah kersem termasuk dalam kategori makanan rendah kalori, yang berarti mengonsumsinya tidak menyumbang banyak kalori bagi tubuh.

Buah-buahan rendah kalori seperti kersem cocok untuk menjadi pilihan dalam program diet atau untuk menjaga berat badan yang sehat.

Meskipun rendah kalori, buah kersem tetap menyediakan beragam nutrisi yang penting bagi kesehatan, seperti vitamin dan mineral.(*)

Kategori :