Inilah Alat Transportasi Unik yang Ada Di Dunia, Salah Satunya Ada Di Indonesia

Senin 24-07-2023,23:40 WIB
Reporter : Yus Miladi
Editor : Yus Miladi

DISWAYJATENG – Dalam sejarah perkembangan transportasi, tiap Negara memiliki alat transportasi unik. Alat transportasi unik ini ada pada beberapa Negara dan pernah mengalami kejayaan pada masanya.

Alat transportasi tersebut masih bertahan dan tetap menjadi alat transportasi walaupun sudah banyak yang lebih modern.

Negara-negara di dunia memiliki beragam alat transportasi unik yang berhasil menjadi daya tarik pariwisata. Yuk, simak daftar selengkapnya pada artikel berikut ini!

Berkunjung ke berbagai negara memang menyenangkan! Banyak pengalaman dan hal-hal baru yang akan kamu temukan. Salah satunya ialah melihat dan menaiki alat transportasi unik dari berbagai negara di dunia.

Alat transportasi memang menjadi salah satu aspek krusial dalam perjalanan pariwisata. Namun, kendaraan dengan bentuk yang unik dan khas memiliki nilai lebih karena dapat menjadi daya tarik bagi turis asing.

Apa saja jenis kendaraan unik yang dapat kamu temukan di berbagai negara? Simak daftar yang telah dirangkum dari Batam Tourism Polytechnic!

1.     Bajaj, Indonesia

Bajaj khas Indonesia termasuk salah satu alat transportasi yang unik dan ikonik, lho! Kendaraan beroda tiga ini dapat kamu temukan di sudut-sudut Kota Jakarta dengan bodi yang dicat berwarna biru.

Bajaj sendiri dapat menampung setidaknya dua orang dewasa dengan satu pengemudi di bagian depan. Kendaraan satu ini wajib kamu coba saat hendak berkunjung ke ibu kota, ya!

2.     Coco Taxis, Kuba

Coco Taxis adalah alat transportasi unik yang dapat kamu temukan saat berkunjung ke Kuba, tepatnya di kota-kota besar, seperti Havana, Trinidad, dan Varadero. Taksi yang mulai beroperasi sejak 1990-an ini memiliki bentuk unik menyerupai helm tanpa kaca dengan warna yang menyala.

Beralaskan tiga roda, jenis kendaraan ini mampu memuat setidaknya dua penumpang dewasa pada bagian belakang dan satu sopir pada bagian depan.

3.     Alat Transportasi Gondola, Italia

Ingin mencoba alat transportasi air yang unik dan khas? Gondola asal Italia wajib masuk bucket list-mu! Perahu dayung dengan bentuk meruncing ini secara khusus menjadi alat transportasi resmi di Kota Venesia.

Dengan desain yang cukup ramping, Gondola dapat dinaiki mulai dari dua hingga enam orang serta seorang pendayung untuk menavigasi perairan dan kanal-kanal di Venesia.

Hingga kini, Gondola sendiri masih aktif digunakan sebagai sarana pariwisata bagi para turis asing.

4.     Jeepney, Filipina

Jeepney merupakan alat transportasi khas Filipina yang dibuat dengan modifikasi dari mobil Jeep asal Amerika Serikat. Dengan badan mobil yang memanjang dan lebar, Jeepney mampu menampung lebih banyak orang, bahkan hingga 20 penumpang.

Keunikan Jeepney juga terlihat jelas dari pemilihan dan perpaduan warna yang nyentrik, seperti kuning, merah, dan biru. Ditambah dengan stiker atau lukisan yang membuatnya tampak berbeda antara satu dengan yang lainnya.

5.     Barco de Totora, Peru

Barco de Totora alias Perahu Totora merupakan alat transportasi unik yang hanya dapat ditemukan di kawasan Danau Titicaca yang terletak di Pantai Tengah Peru dan Pulau Paskah.

Keunikan perahu satu ini terletak pada bahan dasar perahu yang terbuat dari tumbuhan totora, sejenis rerumputan atau susunan jerami kering yang kuat. Tidak hanya itu, desain kapal yang unik juga berhasil menjadikan Perahu Totora sebagai alat transportasi yang menarik dan patut untuk dicoba.

6.     Alat Transportasi Tuk-Tuk, Thailand

Berkunjung ke Thailand belum lengkap rasanya kalau belum mencoba Tuk-Tuk. Transportasi satu ini memiliki bentuk menyerupai bajaj, namun dengan bodi yang lebih panjang dan terbuka.

Muatan Tuk-Tuk sendiri dapat dinaiki hingga 3 penumpang dewasa dan dapat digunakan para wisatawan untuk berkeliling dan menikmati suasana Kota Bangkok.

BACA JUGA:Jangan Heran! Di Jawa Tengah Ada 5 Kampung Unik, Jangan Takut Dengar Namanya

Itu dia beberapa jenis transportasi unik yang dapat kamu temukan saat mengunjungi berbagai negara di dunia. Keunikan alat transportasi ini penting untuk dijaga kelestariannya, sehingga dapat meningkatkan daya tarik dan minat para wisatawan. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda. (*)

Kategori :